by

Dada kanan terasa nyeri, Ini penyebabnya!

Ilustrasi nyeri dada. ©2015 Merdeka.com/shutterstock
Ilustrasi nyeri dada. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Dada kanan Anda tiba-tiba terasa nyeri, nyeri di dada bisa menjadi gejala dari penyakit yang serius. Beberapa organ penting, termasuk paru-paru, jantung dan banyak pembuluh darah besar, terletak di dalam rongga dada. Jadi, jangan sepelekan rasa nyeri yang terjadi pada dada anda.

Nyeri pada dada sebelah kanan bisa disebabkan oleh sesuatu yang tidak berbahaya, seperti ketegangan otot, atau juga bisa menjadi tanda dari masalah yang lebih serius.

[divider]

Seperti yang kami kutip dari Livestrong, Berikut beberapa hal yang mungkin membuat dada kanan Anda terasa nyeri:

1. Muskuloskeletal atau Traumatik

Nyeri di dada kanan bisa disebabkan oleh kram atau cedera otot. Namun, jika nyeri yang Anda rasakan sangat menyakitkan, segera periksakan ke dokter.

2. Infeksi

Nyeri di dada sebelah kanan juga berhubungan dengan demam, batuk, atau produksi sputum, yang menunjukkan bahwa Anda memiliki radang paru-paru di sisi kanan. Ketika bakteri, virus atau mikroorganisme lainnya menetap ke daerah paru-paru, mereka dapat menyebabkan infeksi akut seperti memicu peradangan dan rasa nyeri.

3. Vascular

Pembuluh darah utama, termasuk aorta dan arteri paru, berada di dalam rongga dada. Emboli paru-paru terjadi ketika gumpalan darah terbentuk di arteri paru-paru. Kondisi tersebut dapat menghasilkan rasa nyeri yang menyakitkan di sisi kanan dada – jika emboli terjadi di paru-paru kanan.

4. Penyebab lainnya

Ada banyak penyebab untuk nyeri di dada sebelah kanan. Itu juga bisa menjadi tanda kanker paru-paru, jika Anda memiliki nyeri dada yang berkelanjutan disertai dengan sesak napas atau penurunan berat badan. Masalah jantung, seperti serangan jantung, juga kadang-kadang menyebabkan nyeri di dada kanan – meskipun jantung terletak di dada sebelah kiri.

Baca juga:  Miss V Menerima Semua Ukuran Mr P?

Dada nyeri tidak boleh Anda abaikan. Apabila nyeri di dada kanan Anda menjadi semakin parah atau memburuk, segeralah mencari pertolongan medis apalagi nyeri Anda disertai dengan gejala lain seperti pusing, berkeringat, demam, sesak napas atau dahak berdarah.

Semoga bermanfaat.

loading...

Loading...

News Feed