Dihadiri Anies Baswedan Penyebab Jokowi Batal Buka Munas KAHMI?

Saat ini beredar kabar Presiden Joko Widodo (Jokowi) batal membuka Musyawarah Nasional (Munas) Korps Alumni HMI (KAHMI) karena acara tersebut dihadiri capres yang diusung Partai NasDem Anies Baswedan.

“Beberapa hari sebelum pembukaan, Presiden sebenarnya masih confirmed akan hadir. Perubahan terjadi saat H-2 acara. Protokol presiden tiba di Palu dan rapat dengan panitia. Rapat tersebut juga dihadiri oleh forkompimda, termasuk BINDA. Dalam rapat tersebut, protokol presiden meminta panitia Munas untuk mencoret nama Anies Baswedan dari daftar undangan upacara pembukaan Munas. Mereka mengatakan bahwa Anies cukup diundang gala dinner saja, yaitu sehari sebelum pembukaan Munas,” kata aktivis HMI Ayu Nitiharjo dalam artikel berjudul “Jokowi Gagal Membuka Munas KAHMI”

Dalam rapat itu, kata Ayu, protokol presiden mengatakan bahwa Anies bukan pengurus maka tidak perlu hadir upacara pembukaan yang dihadiri presiden.

Panitia berunding dan hasilnya adalah memilih opsi kedua, yaitu undangan untuk Anies Baswedan hadir di pembukaan Munas tidak dibatalkan.

“Konsekuensinya, Presiden yang sebelumnya berkomitmen untuk hadir pun akhirnya membatalkan hadir, digantikan oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin,” paparnya.

Ayu mengatakan, bahkan unsur BIN yang hadir dalam rapat sempat mengatakan, kalau ada Anies di dalam ruangan, Presiden pasti kalah pamor dengan Anies.

“Prediksi unsur BIN itu terbukti. Saat Wapres membuka acara, peserta Munas beramai-ramai dan kompak meneriakan nama Anies. Teriakan berulang-ulang, sampai Waprespun harus menyebut nama Anies,” pungkasnya.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News