Amil Memiliki Hikmah Besar di Balik Covid-19

Oleh: Nana Sudiana (Direktur Akademizi)

Bagi para amil, tentu saja hikmah besar adanya Covid-19. Mereka akan lebih banyak berada di rumah masing-masing. Yang selama ini terbatas waktunya untuk berkumpul dengan keluarga, begitu era pandemi, bahkan para amil hampir 24 jam ada di rumah bersama keluarga mereka.

Orang barat sana bilang selalu ada blessing in disguise di tengah sebuah musibah. Dan berkah tersembunyi dari pandemi Covid-19 bagi amil adalah, ia jadi punya banyak waktu untuk mendidik keuarganya. Segala puji hanya bagi Allah yang telah melimpahkan ujian ini dan mengubahnya menjadi sarana keberkahan. Berkah karena semua anggota keluarga bisa bersama-sama di rumah dan apalagi semua dalam kondisi sehat tak kurang sesuatupun.

Sesungguhnya kebersamaan adalah salah satu kunci keberhasilan. Dalam kebersamaan nilai-nilai edukasi seperti kesetiaan, kejujuran, terbuka, saling memahami, bertoleransi, serta mendahulukan dan peduli pada orang lain bisa diajarkan. Dan kebersamaan ini mahal harganya, karena bagi amil, bersama keluarga terus-menerus selama berhari-hari jarang sekali terjadi.

Selalu ada tuntutan tugas dari lembaganya untuk entah kemana tugas harus bergerak dan diselesaikan. DNA amil adalah aktivis tak puas duduk manis menunggu sesuatu terjadi.

Kebersamaan para amil di tengah keluarganya memiliki manfaat besar bagi masa depan mental anak-anaknya. Dengan bersama-masa dalam menikmati work from home atau study from home akan saling tahu kelemahan dan kelebihan masing-masing anggota keluarga. Kebersamaan akan juga saling menguatkan Dengan limpahan kasih sayang dan cinta dalam sebuah keluarga, akan membantu menumbuhkan rasa nyaman dan tenang. Dan bila ini yang terjadi, seberat apa pun kehidupan yang dijalani akar terasa mudah.

Alam mengajarkan pada kita bahwa sebuah kebersamaan memiliki energi yang luar biasa. Sungguh, betapa kita semua tentu telah tahu betapa Allah sudah menunjukan hal ini dalam kehidupan keseharian kita.

Dalam hidup, kita tahu bila sesuatu yang tampak kecil namun karena bergerak bersama-sama hasilnya bisa sangat berbeda. Burung-burung di angkasa serta jutaan ikan yang sama yang ada di dalam lautan ketika mereka bergerak bersama, mereka akan mendapatkan kebaikan dari berkumpul dan bergabungnya mereka. Dengan bergerak bersama-sama pula hasil akhir yang ada menjadi berbeda dengan saat mereka sendiri-sendiri.