Sebelum Terseret Kasus Asusila, Haikal Hassan Pernah Puji Setinggi Langit Hasyim Asy’ari

Haikal Hassan pernah memuji setinggi langsat Hasyim Asyari sebelum terseret kasus asusila terhadap seorang wanita. Haikal Hassan memberikan pujian ke Hasyim Asy’ari saat keduanya bertemu di masjid kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

“Ternyata, imamnya Ketua KPU dan memimpin doa untuk kita semua. Ini tanda Insya Allah Pemilu 2024 ini terbaik yang pernah ada,” kata Haikal Hassan.

Hasyim Asy’ari resmi dicopot dari jabatannya. Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mencopot dan pemberhentian Hasyim baik sebagai Ketua maupun Anggota KPU RI usai terbukti bersalah melakukan tindak asusila terhadap salah seorang PPLN untuk wilayah Eropa.

Hasyim menjadi teradu atas dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) perkara Nomor 90/PKE-DKPP/V/2024. Sidang pembacaan putusan DKPP atas perkara tersebut digelar di ruang Sidang DKPP, Jakarta Pusat pada Rabu (3/7/2024).

“Memutuskan, mengabulkan pengaduan pengadu untuk seluruhnya. Menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada teradu Hasyim Asy’ari selaku Ketua merangkap anggota KPU terhitung sejak putusan dibacakan,” kata Ketua Majelis Sidang, Heddy Lugito dilansir dari detikNews.

Sementara itu, Hasyim tidak menghadiri langsung sidang putusan itu. Dia hadir secara daring melalui zoom.

DKPP telah menggelar sidang perdana dugaan pelanggaran kode etik terkait tindak asusila yang dilakukan Hasyim Asy’ari pada Rabu 22 Mei 2024. Sidang lanjutan digelar pada 6 Juni dengan pemanggilan Sekjen KPU RI Bernad Dermawan Sutrisno sebagai saksi.