PKS Berikan Sinyal Dukung Anies-Kaesang

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memberikan sinyal mendukung Anies Baswedan-Kaesang Pangarep di Pilkada Jakarta 2024 dan tidak mempermasalahkan berkoalisi dengan PKS.

“PKS tidak bisa mencalonkan sendiri harus koalisi, kami terbuka untuk berkoalisi dengan semua partai yang memiliki visi dan pandangan yang sama tentang Jakarta ke depan,” kata Sekretaris DPD PKS DKI Jakarta, Abdul Aziz kepada wartawan,Jumat (14/6/2024).

Abdul Aziz mengatakan, PKS tidak mempermasalahkan berkoalisi dengan PSI di Pilkada Jakarta 2024.”Ya, termasuk PSI,” jawab Aziz ketika ditanya apakah siap berkoalisi dengan PSI.

Aziz menambahkan PKS DKI telah mengusulkan beberapa nama untuk diusung ke DPP PKS, termasuk Anies Baswedan. Saat ini, PKS DKI menunggu keputusan DPP.

“Kita mengusulkan beberapa nama salah satunya Pak Anies yang non-kader PKS, dari kader PKS kami mengusulkan Pak Mardani Ali Sera, Pak Sohibul Iman dan Pak Khoirudin,” katanya.

Baca juga:  Posko Pejuang AMIN “Tour Of Duty”, Gerilya APK ke Pelosok Desa

Aziz mengaku belum mendapat informasi kapan partainya akan mengumumkan calon yang akan diusung di Pilgub DKI. Menurutnya, pengumuman itu akan terjadi di waktu-waktu akhir.

“Belum ada info, biasanya last minute,” jelasnya.

Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini menjelaskan, pihaknya tidak akan pernah menutup pintu komunikasi dengan partai politik manapun termasuk PSI. Oleh sebab itu, lanjutnya, PKS siap membicarakan wacana duet Anies-Kaesang dengan PSI.

“Komunikasi, kan mungkin saja. Kerja sama kan harus ada keputusan institusional, bukan keputusan dan pendapat pribadi,” ujar Jazuli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2024).

PKB DKI Jakarta resmi mengusulkan Anies Baswedan maju Pilgub Jakarta. PKB DKI mengatakan sudah berkomunikasi dengan PSI untuk menduetkan Anies dengan Kaesang Pangarep.

“Kita terbuka dengan Wakil Gubernur siapapun. Siapapun kita terbuka, termasuk dengan Mas Kaesang yang kemarin di media kan, tersebar itu di media bahwa Mas Kaesang mau menjadi wakil Pak Anies kan. Kita juga bersedia kalau Mas Kaesang memang mau mencalonkan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Kita juga sudah komunikasi dengan PSI. Siapapun kita terbuka,” kata Ketua DPW PKB DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas, di Kantor DPW PKB DKI, Jakarta Timur, Rabu (12/6).

Baca juga:  Jika Mau Berpasangan dengan Kaesang, Adab Anies Sangat Rendah

Hasbiallah mengatakan sejauh ini belum membuka komunikasi dengan PDIP. Dia menyebut baru berkomunikasi dengan PSI terkait Pilgub Jakarta.

Hasbiallah mengatakan keputusan mencalonkan Anies telah mendapat persetujuan dari Ketum PKB Muhaimin Iskandar dan DPP PKB. Dia mengatakan partainya akan solid mengusung Anies hingga proses Pilkada Jakarta selesai.

“Mudah-mudahan kita bisa komunikasi dengan PSI, mudah-mudahan Anies-Kaesang. Terima kasih,” ucap Hasbiallah