Gus Abbas Serukan Perlawanan Pemalsuan Makam oleh Habib, Ditujukan ke Habib Luthfi?

Beberapa habaib memalsukan makam dengan menyebut sebagai keturunan Ba’alawi. Padahal makam tersebut milik tokoh penyebar agama Islam asli Nusantara dan bulan keturunan Ba’alawi.

“Mari kita kepalkan tangan bangkit semua bangkit dan lawan Alhamdulillah mudah-mudahan kalian sebagai pendereknya para wali songo,” kata Pengasuh Ponpes Nahdlatul Ummah, Buntet, Cirebon KH Muhammad Abbas Billy (Gus Abbas) dalam video yang beredar.

Gus Abbas juga heran ada makam yang tiba-tiba bernasab bin Yahya padahal tokoh penyebar Islam Nusantara dan tidak terkait dengan keturunan Ba’alawi.

“Anda harus klarifikasi debat bersama keratonnya keraton. Ayo manuskripnya mana Kalau Anda mengatakan ini adalah begini kalau Anda mengatakan ini Habib Hasan bin Thaha bin Yahya mana datanya mana manuskripnya kalau kalau keraton Yogyakarta memiliki manuskrip. kalau enggak bisa jawab berarti anda salah kalau anda salah klarifikasikan kepada seluruh jamaah Anda,” tegasnya.

Pada kesempatan lain, Gus Abbas mengatakan, sejak zaman abad ke-8, Imam Fakhruddin Al Rosyid, sudah menyatakan, Sayyidina Ahmad tidak memiliki seorang anak yang bernama Abdullah.

Karenanya ketika abad ke-13, Sayyid Ainurrofiq  Raja atau penguasa Hijaz (Riyadh)  saat itu dari Syarif Al Hasani,  melarang kaum Baalawi memakai nama Sayyid.

“Kenapa melarang karena beliau raja. Karena sebelumnya sudah ada  kajian, saat itu sudah ada polemik, sudah ada ketetapan,” tegasnya.

“Saya juga waktui kecil sudah tahu, sudah dikasih tahu sama abah saya. Baalawi itu terputusnya di Amtolut bin Ubaidillah. saya dari muda sudah tahu. Sebelum viral masalah ini, itu sudah ada masalah,” katanya.