Ulil Abshar Abdalla: PAN Mempertemukan NU dan Muhammadiyah

Partai Amanat Nasional (PAN) telah mempertemukan NU dan Muhammadiyah. PAN menyelenggarakan simposium satu abad NU dengan menghadirkan tokoh-tokoh NU dan Muhammadiyah.

“Banyak orang mempunyai persepsi, politik sering memecah-belah, PAN membalikkan itu. Politik menjadi alat menyatukan. Sore ini peristiwa bersejarah aktornya anak Lampung, Bang Zul mempertemukan NU dan Muhammadiyah,” kata Ketua Lakpesdam PBNU Ulil Abshar Abdalla di simposium merayakan peringatan satu abad Nahdlatul Ulama (NU) yang diselenggarakan PAN di Surabaya, Sabtu, 18 Februari 2023.

Kata Ulil, Zulkifli Hasan mengaku mengamalkan tradisi NU dalam kehidupan sehari-hari seperti tahlilan, qunut dan lain sebagainya.

Baca juga:  Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk Kecewa Etnis Tionghoa tak Mau Pasang Bendera Merah Putih

“Lampung daerah NU, Bang Zul mengatakan kepada saya kalau di rumah itu tradisinya NU, tahlil, qunut dan sebagainya. NU kuat sekali di Lampung. Saya di PBNU menangani kaderisasi NU seluruh Indonesia, daerah yang kuat kaderisasi, setelah Jatim dan Jateng, itu lampang. Lampung kekuatan NU nya luar biasa,” jelasnya.

“Bang Zul tokoh melintasi batas-batas kelompoknya. Kebetulan inisiatif 27 Rajab hari Isra Mi’rraj. Mi’raj artinya naik. PAN melintasi perbedaan, berupaya menyatukan. bang zul melakukan positif bid’ah khasanah,” ungkap Ulil.

Selain itu, Ulil mengatakan, Kiai Wahab Chasbullah mempunyai adik bernama Kiai Abdurrachim menurunkan para kiai, di antaranya Kiai Amanullah kawan dekat KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Baca juga:  Politikus PBB MS Kaban: Presiden Jokowi Terlalu Pro China Komunis & tak Berempati Dunia Islam

“Kiai Abdurachim menikah dengan perempuan dari Yogyakarta Hj Siti Wardliyah, yang terhitung masih keponakan KH Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah. Adik Kiai Wahab menikah dengan kader Muhammadiyah. jadi luar biasa,” paparnya.