Simak! Ini 6 Cara Mengatasi Kucing Lemas dan Tidak Mau Makan

Kucing termasuk hewan peliharaan yang mudah dirawat, bisa dilatih, dan bisa diajak bermain. Maka tak heran, jika kucing selalu menjadi pilihan bagi mereka yang ingin memiliki hewan peliharaan di hunian. Sebagai pemiliknya, kamu tentu perlu memberikan perawatan khusus kepada kucing kesayangan agar kesehatannya tetap terjaga, mulai dari memberi makan hingga memandikannya secara rutin.

Jika belakangan ini kucing peliharaan kamu yang biasanya aktif jadi terlihat lemas, segera cari tahu penyebab serta cara mengatasi kucing lemas dan tidak mau makan. Umumnya, kucing yang sedang sakit akan mengalami gejala tidak nafsu makan, lemas, sering tidur, bahkan sampai muntah-muntah. Berikut kami punya beberapa cara mengatasi kucing lemas dan tidak mau makan yang bisa kamu simak.

1. Berikan Multivitamin

Sumber: id.pinterest.com

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada kucing, kamu bisa memberikan multivitamin agar nutrisinya terpenuhi. Kamu perlu menyesuaikan asupan vitamin dengan kebutuhan kucing peliharaanmu.

Ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengatasi kucing lemas dan tidak nafsu makan. Dengan memberikan multivitamin juga bisa membantu melawan virus yang mungkin menyebabkan kucing menjadi lemas.

2. Berikan Asupan Air Minum yang Cukup dan Bersih

Sumber: id.pinterest.com

Kondisi kucing lemas biasanya sangat mudah terkena dehidrasi. Maka dari itu, berikan kucing milikmu asupan air minum yang cukup dan pastikan air minum yang diberikan bersih.

Kalau perlu, kamu bisa menggantinya dengan air yang baru untuk menghindari bakteri atau virus yang tersisa di tempat air minumnya yang lama. Kucing yang memiliki asupan air minum yang cukup akan membuat pencernaannya kembali lancar.

3. Berikan Kucing Makanan yang Berbeda dari Biasanya

Sumber: id.pinterest.com

Sama seperti manusia, kucing pun bisa bosan dengan makanan yang biasa dia makan. Kalau kucing lemas dan tidak mau makan karena bosan dengan makanan yang rutin dia makan, cobalah untuk memberikannya makanan kucing yang berbeda. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kembali selera makannya sehingga kebutuhan nutrisinya bisa terpenuhi.

Jika kucingmu rutin makan raw food, kali ini tidak ada salahnya untuk mencoba memberikan dry food, dan begitu juga sebaliknya. Jika kondisi kucing terlampau lemas, kamu bisa memberinya makan dengan cara menggunakan syringe atau pipet (suntikan tanpa jarum).

4. Beri Obat Cacing

Sumber: id.pinterest.com

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba untuk mengatasi kucing lemas dan tidak mau makan adalah dengan memberikan obat cacing. Pasalnya, kucing yang tidak mau makan dan sering lemas bisa disebabkan karena cacingan. Jika kucing tidak berenergi karena cacingan, kamu bisa memberikan obat cacing agar tubuhnya fit kembali.

5. Ajak Kucing Bermain

Kucing yang lemas dan tidur terus juga bisa disebabkan karena bosan yang melanda akibat jarang bermain dan beraktivitas. Oleh karena itu, saat memelihara kucing, pastikan kamu memberikannya waktu yang cukup untuk bermain agar tidak mudah bosan. Kucing kamu akan mempunyai nafsu makan yang lebih baik dan waktu tidur yang teratur jika sering aktif.

6. Berikan Susu Kucing

Susu kucing memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing diantaranya protein, serat, dan kalsium. Tubuh kucing yang terpenuhi dengan nutrisi tersebut tentunya dapat meningkatkan imun kucing dan membantu melawan virus penyakit.

Kamu bisa memberikan susu kucing dua hingga tiga kali sehari secara rutin sampai ada perubahan pada kondisi kucingmu. Kini, sudah tersedia berbagai jenis susu kucing dengan manfaat yang beragam seperti susu khusus kitties hingga susu untuk kucing menyusui.

Demikian cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi kucing lemas dan tidak mau makan. Kamu bisa membeli makanan kucing, obat, susu kucing, dan kebutuhan kucing lainnya dengan mudah di Shopee. Untuk pembayarannya kamu bisa menggunakan Shopee PayLater (SPayLater). Shopee PayLater adalah metode pembayaran dengan sistem kerja yang mirip seperti kredit, dimana pengguna bisa beli sekarang bayar nanti atau mencicil sebanyak 3, 6, dan 12 kali pada tanggal jatuh tempo, yaitu di tanggal 5–25 setiap bulannya.

Metode pembayaran ini bisa digunakan oleh seluruh pengguna Shopee yang sudah memenuhi syarat. Kamu bisa mengaktifkan SPayLater lewat aplikasi Shopee milikmu dan penuhi berbagai syaratnya. Kemudian, tunggu Shopee memverifikasi akunmu. Jika pengaktifan SPayLater disetujui, kamu akan mendapat notifikasi “Anda telah berhasil mengaktifkan SPayLater”. So, buat yang belum mempunyai akun Shopee segera buat dengan cara download aplikasi Shopee di App Store atau Google Play Store.