Pengamat: Bu Risma Harus Minta Maaf Kepada Warga Papua

Tak Berkategori

Menteri Sosial Tri Rismaharini harus minta maaf ke warga Papua atas sikapnya yang memarahi ASN dengan mengancam akan memindahkan ke Bumi Cendrawasih bagi yang tidak becus bekerja.

Demikian dikatakannPengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga dalam pernyataan kepada www.suaranasional.com, Selasa (13/7/2021).

Marah yang diiringi ucapan tak pantas itu tentu tidak layak diucapkan seorang menteri. Risma seolah merendahkan Papua. Kesannya Papua itu sebagai tempat buangan bagi orang-orang yang bersalah.

“Ucapan Risma itu juga dapat dipersepsi merendahkan Papua. Pulau yang kaya dan indah itu seolah-olah hanya cocok untuk ANS yang tidak berprestasi,” ungkapnya.

Ia mengatakan, sikap Risma itu tampaknya tidak menggambarkan wawasan kebangsaan. Sebagai menteri, seharusnya tak keluar ucapan yang tidak memcerminkan wawasan kebangsaan.

Karena itu, selayaknya Risma ikut tes wawasan kebangsaan oleh lembaga independen. Hal itu diperlukan agar yang dituntut berwawasan kebangsaan bukan hanya para bawahan (ASN) tapi juga pimpinannya.

“Selain itu, Risma juga harus minta maaf kepada warga Papua. Hal itu perlu dilakukan agar warga Papua tidak tergores dengan ucapan Risma yang sangat tidak terpuji tersebut,” pungkasnya.