Pemprov DKI-BUMD Adakan Imlek Secara Virtual


BUMD Pemprov DKI Jakarta, Jakarta Experience Board atau PT Jakarta Tourisindo bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta mengadakan Imlek secara virtual akan berlangsung pada 11-26 Februari 2021.



“Jakarta Imlekan akan menjadi bagian dari rangkaian peringatan Imlek Nasional 2021 yang akan dilaksanakan pada 20 Februari mendatang,” kata
Direktur Utama Jakarta Experience Board, Novita Dewi melalui keterangan tertulis, Jumat (12/2).





Kata Novita, perayaan Imlek secara virtual di tengah pandemi Covid-19 diharapkan dapat menjadi perayaan yang khidmat namun mampu membangkitkan rasa toleransi bagi keanekaragaman yang ada di Indonesia.



Ia mengungkapkan, pihaknya, berupaya menghadirkan rangkaian acara yang identik dengan perayaan Imlek melalui media yang berbeda diantaranya, kampanye di media sosial, penayangan video tradisi khas Imlek, atraksi barongsai secara virtual dan penayangan LED attraction melalui videotron.



Novita mengatakan tentu tidak mudah bagi masyarakat Tionghoa yang harus merayakan tahun baru Imlek dengan suasana yang berbeda. Tahun baru Imlek identik dengan perayaan yang meriah, kebersamaan dan keriuhan atraksinya. 



Namun, pandemi memaksa masyarakat untuk melakukan perayaan dengan lebih sederhana dan tetap menjaga jarak aman. 



“Semoga perayaan sederhana ini dapat menjadi bentuk perhatian kepada masyarakat Tionghoa bahwa kita tetap dapat merasakan kekhasan tahun baru Imlek walau dalam bentuk yang berbeda,” ujar Novita.



Rangkaian acara dimulai dengan kampanye di media sosial yang berupaya mengedukasi masyarakat akan keberagaman budaya di Jakarta. Aktivitas di media sosial juga ditujukan untuk mengajak masyarakat memperingati Imlek walau berada di masa pembatasan sosial. 



Aktivitas di media sosial telah dimulai dari 25 Januari – 26 Februari nanti. Berkolaborasi dengan Narasi TV, akan hadir content series tradisi Imlek dan konten foto esai. 



Content series tradisi Imlek akan menampilkan video sejarah kisah Imlek masuk ke Batavia (Jakarta), transformasi Imlek dahulu hingga sekarang dan perayaan Imlek di masa pandemi. 



Acara puncak Jakarta Imlekan akan ditayangkan pada kanal Youtube Pemprov DKI Jakarta pada (11/2) yang merangkum semua konten series dan videotron takeover.