Demokrat Ngebet AHY Jadi Cawapres Jokowi

Jokowi-AHY (IST)

Partai Demokrat berharap Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi cawapres Joko Widodo (JOkowi) di Pilpres 2019.

“Kalau saya amati Demokrat punya harapan Jokowi menjadikan AHY sebagai cawapres di Pilpres 2019,” kata pengamat politik Achsin Ibnu Maksum dalam pernyataan kepada suaranasional, Sabtu (10/3).

Menurut Achsin, AHY menjadi capres Jokowi, maka akan memudahkan Demokrat mengusut putra SBY itu menjadi Capres 2024. “Saat ini capres yang paling kuat itu Jokowi, makanya semua berharap jadi cawapresnya Jokowi termasuk AHY,” papar Achsin.

Achsin mengatakan, Demokrat akan mengajukan AHY sebagai capres jika muncul poros tengah di Pilpres 2019.

“Demokrat tentu punya daya tawar tinggi dan tidak mungkin mengajukan Gubernur NTB Zainul Majdi (Tuan Guru Bajang) sebagai capres. Demokrat akan mengajukan AHY sebagai capres,” jelas Achsin.

Ia mengatakan, saat ini Demokrat punya agenda agar bisa masuk pemerintahan tetapi menjadikan AHY orang nomor satu atau dua di negeri ini. “Realitas politik yang paling kuat ya Jokowi. Maka ada dorongan di internal Demokrat AHY jadi cawapres Jokowi,” papar Achsin.

Menurut Achsin, cawapres Jokowi sangat ditentukan oleh keputusan Megawati. “Apalagi hubungan SBY-Megawati masih kurang baik. Jokowi sangat tergantung sama Megawati dalam menentukan cawapresnya,” pungkas Achsin.