Kasus Agus-Saut Dilanjutkan, NasDem Ingin Perlemah KPK

NasDem (IST)

Partai NasDem ingin memperlemah KPK dengan meminta Bareskrim Polri memproses secara hukum dua pimpinan KPK Agus Rahardjo dan Saut Sitomorang.

“Meminta Agus dan Saut diperiksa Bareskrim, NasDem ingin memperlemah KPK. Ada agenda tersembunyi NasDem meminta Agus-Saut diperiksa Bareskrim,” kata pengamat politik Ahmad Yazid kepada suaranasional, Selasa (28/11).

Kata Yazid, NasDem bagian partai koalisi pemerintah justru bertentangan dengan sikap Jokowi. “Sikap NasDem justru ada kesamaan dengan PDIP maupun beberapa partai koalisi lainnya seperti Golkar,” ungkap Yazid.

Yazid mengatakan, NasDem kemungkinan terganggu sikap KPK yang tidak diajak ‘kerja sama’ sehingga melakukan OTT terhadap beberapa kader partai di daerah.

“Kader NasDem juga ada yang kena OTT, belum lagi beberapa petinggi NasDem yang diduga terlibat korupsi besar,” papar Yazid. 

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Nasdem Taufiqulhadi menilai, Bareskrim Polri tidak punya pilihan lain selain meneruskan proses hukum terhadap dua pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo dan Saut Sitomorang dalam kasus dugaan surat palsu dan penyalahgunaan wewenang.

Sebab, Polri sudah menerbitkan surat pemberitahuan dimulainnya penyidikan atas kasus yang menyeret nama Agus Rahardjo dan Saut Situmorang.

“Harus dilanjutkan, jangan bermain-main dengan hukum,” kata Taufiqulhadi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (27/11).