Terbongkar Bohong, PKB Bantah Ahok Didikan Gus Dur

Lukman Edy
Wakil Sekretaris Jenderal PKB Lukman Edy. (SINDOphoto)

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membantah bahwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) anak didik KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

“Mana ada Ahok dididik almarhum Gus Dur,” kata‎ Wakil Sekretaris Jenderal PKB Lukman Edy di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (13/12/2016). 

Lukman mengatakan, PKB hanya memperkenalkan Ahok kepada Gus Dur saat penista agama Islam itu menjadi calon Bupati Belitung Timur.

“Gus, ini ada yang mau nyalon jadi bupati Belitung Timur, kenal sama Gus Dur juga baru saat mau nyalon aja,” tutur ‎Wakil Ketua Komisi II DPR ini. 

Diketahui, Gubernur DKI jakarta nonaktif ini membawa-bawa nama almarhum Gus Dur saat membacakan nota keberatannya tadi di sidang perdana.

Baca juga:  Sumbang ke Ahok, Dijamin Nama Koruptor Bersih dan Bebas dari Jerat Hukum

Berikut sepotong nota keberatan Ahok yang membawa-nama nama Almarhum Gus Dur :
‎‎Majelis Hakim yang saya muliakan.

 Saya berani mencalonkan diri sebagai Gubernur, sesuai dengan amanah yang saya terima dari almarhum Gus Dur, bahwa gubernur itu bukan pemimpin tetapi pembantu atau pelayan masyarakat.

 Itu sebabnya, dalam pidato saya setelah pidato almarhum Gus Dur pada tahun 2007, saya juga mengatakan bahwa menjadi calon gubernur, sebetulnya saya melamar untuk menjadi pembantu atau pelayan rakyat.

Apalagi, saya melihat adanya fakta, bahwa ada cukup banyak partai berbasis Islam, seperti di Kalimantan Barat, Maluku Utara, dan Solo juga mendukung calon gubernur, bupati, wali kota non-Islam di daerahnya.

Baca juga:  Proyek Reklamasi Teluk Jakarta Rawan Infiltrasi Asing

Untuk itu, saya mohon izin kepada majelis hakim, untuk memutar video Gus Dur yang meminta masyarakat memilih Ahok sebagai gubernur saat Pilkada Bangka Belitung tahun 2007, yang berdurasi sekitar sembilan menit.

Majelis Hakim yang saya muliakan.

Saya ini hasil didikan orang tua saya, orang tua angkat saya, Ulama Islam di lingkungan saya, termasuk Ulama Besar yang sangat saya hormati, yaitu Almarhum Kyai Haji Abdurahman Wahid.