Tolak BG, Pencitraan Jokowi Raih Simpati

Joko Widodo atau Jokowi (Liputan6.com)
Joko Widodo atau Jokowi (Liputan6.com)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperlihatkan etika buruk di hadapan masyarakat dengan mempermalukan Komjen Budi Gunawan dengan tidak melantik sebagai Kapolri.

Jokowi sedang menaikkan citra di hadapan masyarakat dengan mengorbankan Budi Gunawan tidak dilantik menjadi Kapolri.

Demikian dikatakan Direktur Gaspol Indonesia, Virgandhi Prayudantoro, Rabu (18/2).

Menurut Virgandhi, sebenarnya polemik ini harusnya bisa diselesaikan oleh Presiden Jokowi dengan cepat apabila dulu beliau menarik nama Budi Gunawan sebelum diparipurnakan oleh DPR.

Baca juga:  Internal Polri Gaduh Terus, Praktisi Tasawuf: Bukan Hanya Efek Mubahalah HRS tapi Banyak Orang Dizalimi Oknum Polisi

Kata Virgandhi, Jokowi terkesan mengambil jalan pintas dengan menggunakan Perppu sebagai solusi untuk mengatasi kisruh antarlembaga penegak hukum yang terjadi belakangan ini.

“Kami berharap presiden bisa melewati semuanya dengan tidak melanggar konstitusi yang ada di Indonesia, agar ke depan masyarakat mendapatkan pembelajaran etika berpolitik yang baik dan benar,” pungkasnya.

Presiden Jokowi memutuskan Konjen Pol Budi Gunawan tak dilantik. “Mengingat bahwa pencalonan Komjen Pol Budi Gunawan telah menimbulkan perbedaan pendapat di masyarakat, serta untuk menciptakan keteduhan di masyarakat maka  kami mengusulkan Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai calon kapolri,” katanya, Rabu (18/2).

Baca juga:  Kriminalisasi Lawan Politik, Penggiat Medsos Menilai Hukum Tebang Pilih