Eliano Reijnders dan Mees Hilgers Resmi WNI, Erick Thohir: Semua Berjuang untuk Indonesia

Sebelum prosesi pengambilan sumpah WNI Mees dan Eliano dilakukan di Brussel, PSSI bergerak cepat dalam seminggu terakhir. Mulai dari pembahasan di Komisi III dan VI DPR yang langsung memberikan persetujuan pada Kamis (26/9/2024). Erick Thohir juga menemui Menteri Hukum dan HAM Supratman Andi Agtas sehingga keputusan presiden bisa terbit dan yang memungkinkan prosesi sumpah WNI di luar negeri.

Proses pengambilan sumpah tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Kemenkumham, Dirjen AHU, Cahyo Rahadian Muzhar, serta Dubes RI untuk Belgia dan Uni Eropa, Andri Hadi, dan anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga.

“Saya berharap, dukungan maksimal dari semua pihak ini akan memperkuat timnas kita di dua laga tandang melawan Bahrain dan Tiongkok. Saya optimistis, pelatih Shin Tae-yong akan memiliki strategi baru dengan kehadiran dua pemain andalan dari klub mereka masing-masing,” lanjut Erick. Timnas Indonesia dijadwalkan bertanding melawan Bahrain pada Kamis (10/10/2024), dan Tiongkok pada Selasa (15/10/2024).

Eliano Reijnders, yang saat ini bermain sebagai gelandang di klub Eredivisie Belanda, PEC Zwolle, memiliki darah Indonesia dari ibunya, Angelina Syane Lekatompessy, yang berasal dari Ambon dan lahir di Jakarta. Sementara itu, Mees Hilgers yang juga berusia 23 tahun, merupakan pemain bertahan utama FC Twente, dan memiliki keturunan Indonesia dari ibunya, Linda Tombeng, yang berasal dari Sulawesi Utara.