Eliano Reijnders dan Mees Hilgers Resmi WNI, Erick Thohir: Semua Berjuang untuk Indonesia

Erick Thohir, Ketua Umum PSSI, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada berbagai pihak, termasuk Presiden Joko Widodo, DPR, Kemenkumham, dan Kementerian Dalam Negeri, yang telah membantu mempercepat proses naturalisasi dua pesepak bola, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, yang diambil sumpahnya sebagai warga negara Indonesia (WNI) di Brussel, Belgia, hari ini Senin (29/9/2024).

Erick menegaskan bahwa percepatan proses naturalisasi Mees dan Eliano di luar negeri bukan sesuatu yang luar biasa, melainkan lebih pada penyesuaian waktu dan kebutuhan Timnas Indonesia yang tengah bersiap menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang memungkinkan proses pengambilan sumpah WNI untuk Mees dan Eliano berlangsung lebih cepat,” katanya.

Erick juga mengungkapkan alasan pengambilam sumpah kedua pemain ini dilakukan di Brussel, Belgia. “Jika harus dilakukan di Indonesia, kedua pemain tidak memiliki waktu jeda, sementara kami berharap keduanya bisa segera memperkuat Timnas Indoensia saat melawan Bahrain dan Tiongkok pada Oktober 2024. Ini adalah hasil kerja sama semua pihak, dan saya bangga karena semuanya bekerja untuk Indonesia,” ungkap Erick Thohir di Jakarta, Senin (30/9/2024).