Taklukan Timor Leste 3-1, Timnas Indonesia Pimpin Klasemen Grup F kualifikasi Piala Asia U-20

Timnas Indonesia U-20 menunjukkan performa dominan dengan meraih kemenangan 3-1 atas Timor Leste pada pertandingan kedua kualifikasi Piala Asia U-20 grup F, yang berlangsung di Stadion Madya Senayan, Jakarta, pada Jumat (27/9/2024).

Gol-gol Indonesia dicetak oleh Jens Raven, Riski Afrisal, dan Muhammad Ragil. Indonesia tampil agresif, menciptakan banyak peluang, sementara Timor Leste lebih mengandalkan strategi bertahan dan serangan balik. Salah satu serangan balik mereka berbuah gol dari Luis Figo Ribeiro pada menit ke-66.

Dengan kemenangan ini, Indonesia kini memimpin klasemen grup F dengan total enam poin, sama dengan Yaman, namun unggul dalam produktivitas gol.

Pada pertandingan sebelumnya, Yaman juga meraih kemenangan kedua dengan mengalahkan Maladewa 3-0. Gol-gol Yaman dicetak oleh Adel Abbas Qasem (menit ke-8), Anwar Hussein Abdullah Al Turaiqi (menit ke-36), dan Mohammed Al Awami (menit ke-90).

Di pertandingan ini, Indonesia melakukan satu perubahan dibanding saat melawan Maladewa, dengan Mashaal Hamzah tampil sebagai starter menggantikan Mufli Hidayat, dan tetap menggunakan formasi 4-3-3.

Indonesia membuka keunggulan pada menit ke-13 lewat gol Jens Raven, yang mencetak gol setelah kemelut di depan gawang. Setelah menerima umpan dari sisi kanan dari Buffon, Jens berhasil memanfaatkan bola yang terpantul untuk mengalahkan kiper Pablo Macario.

Keunggulan Indonesia semakin bertambah pada menit ke-16 melalui gol Riski Afrisal. Dia berhasil memanfaatkan umpan dari Toni Firmansyah dan melepaskan tendangan kaki kanan yang tidak dapat dihentikan kiper lawan.

Meskipun Indonesia terus berupaya menambah gol, skor 2-0 bertahan hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Indonesia melakukan tiga pergantian pemain sekaligus. Arlyansyah, Toni Firmansyah, dan Afrisal digantikan oleh Figo Dennis, Maouri Ananda Yves, dan satu pemain lainnya.