Guru Besar FEB UI Sebut Jokowi Layak Disebut Bapak Infrastruktur Indonesia

Selama 10 tahun masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, pembangunan infrastruktur menjadi fokus pemerintah. Guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Telisa Aulia Falianty menilai Jokowi layak diapresiasi sebagai Bapak Infrastruktur Indonesia.

“Beliau adalah bapak infrastruktur Indonesia. APBN kita ini sekitar lebih dari Rp 400-500 triliun per tahun itu dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur,” ungkap Telisa saperti dikutip Beritasatu, Salemba, Jakarta, pada Kamis (26/9/2024).

Menurut Telisa, pembangunan infrastruktur era Jokowi memperlancar konektivitas, layanan dasar, distribusi pangan, hingga memberikan multiplier effect bagi perekonomian dan masyarakat Indonesia yang menjangkau ke pelosok negeri hingga wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Telisa menilai hal ini sejalan dengan visi dan misi yang tercantum dalam Nawa Cita yang menyebutkan bahwa salah satu agenda prioritas pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin adalah membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

“Ini juga yang perlu diapresiasi dari pemerintahan Presiden Joko Widodo. Membangun daerah terluar itu tentu ada cost secara visibility of economy itu belum tentu itu visible, tetapi secara sosial itu dampaknya terus akan mengurangi ketimpangan bagi masyarakat di daerah 3T. Ada nilai-nilai sosial yang kemudian nanti bisa mendukung nilai ekonominya,” paparnya.

Telisa menyampaikan, salah satu keberhasilan pembangunan infrastruktur era Jokowi adalah menciptakan konektivitas udara hingga ke wilayah 3T. Selama satu dekade, Indonesia berhasil memperluas jaringan bandara baru, melakukan rehabilitasi dan pengembangan bandara, hingga menyelenggarakan angkutan udara perintis untuk mendukung konektivitas dan mengurangi disparitas harga kebutuhan masyarakat di daerah 3T.

“Jadi beliau (Jokowi) dan tentunya jajaran kabinetnya ya yang terkait dengan pembangunan konektivitas di 3T ini. Jadi kalau saya melihat cukup signifikan pembangunannya. Beliau juga sangat menekankan pentingnya infrastruktur untuk di daerah 3T. Nah ini yang perlu kita apresiasi ya selama 10 tahun ini,” ujarnya.