Fufafafa Bergema di Pengundian Paslon Pilkada Jatim, Jimly: Kebencian dan Kemarahan Terus Meluas & Berharap Ada Ujungnya

Teriakan Fufufafa saat pengundian Paslon di Pilkada Jawa Timur (Jatim) menunjukkan kebencian dan kemarahan terus meluas.

“Effek Fufufafa ini ternyata sngat luar biasa. Tanpa dinyana rupanya kebencian & kemarahan terus meluas,” kata Prof Jimly Asshiddiqie di akun X (Twitter), Rabu (25/9/2024). “Mudah-mudahan akan ada ujungnya,” tegasnya.

Nama akun kaskus ‘fufufafa’ yang diduga milik Gibran Rakabuming Raka diteriakkan oleh puluhan pendukung pasangan calon (paslon) saat rapat pleno terbuka pengundian nomor urut Pilgub Jatim 2024.

Teriakan itu terlontar dari para pendukung paslon nomor urut 3 Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta (Risma-Gus Hans), dan paslon urut 1 Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim (Luluk-Lukman) di arena rapat pleno di ballroom Hotel Mercure Darmo Surabaya, Senin (23/9).

“Resik-resik (bersih-bersih), fufufafa, resik-resik, fufufafa,” teriak puluhan pendukung Risma-Gus Hans berulang-ulang.

Fufufafa, fufufafa, fufufafa,” sahut pendukung Luluk-Lukman.

Pendukung paslon urut 2 Khofifah-Emil pun meresponsnya dengan menyanyikan Selawat Badar. Juga diiringi alat musik yang mereka bawa.

Sholatullah salamullah ‘alaa thaaha Rasulillah,” nyanyi para pendukung duet petahana itu.