19 bulan Ditahan, Pilot Susi Air Bebas, Susi Pudjiastuti: Terima Kasih Jokowi dan Prabowo

Pemilik maskapai penerbangan Susi Air, yakni Susi Pudjiastuti sebagai  mengucap rasa syukur mendengar kabar bebasnya pilot Kapten Philip Mark Mehrtens. Penerbang asal Selandia Baru itu sebelumnya disekap oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua selama 19 bulan.

Susi menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam operasi pembebasan sang pilot. Ia mengaku merasa sedih selama lebih dari 1,5 tahun Philip ditahan oleh kelompok bersenjata di Kabupaten Nduga, Papua.

“Terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo, Pak Menhan Prabowo Subianto, Pak Panglima TNI, Pak Kapolri, Pak Mendagri, Satgas Damai Cartenz, dan seluruh pihak, baik dari pemerintah provinsi kabupaten di Papua dan juga seluruh aparat yang terlibat di Papua dalam pembebasan Kapten Philip Martens,” ucap Susi dalam keterangan resmi yang diterima Beritasatu.com pada Sabtu (21/9/2024) sore.

Mantan menteri kelautan dan perikanan itu mengaku lega bahwa Philip sudah bisa kembali kepada pihaknya dan segera bertemu keluarga. Susi menyebut sang pilot sedang dalam perjalanan menuju Jakarta untuk diperiksa kondisinya lebih lanjut.