Menkominfo Pastikan Akun Kaskus ‘Fufufafa’ Bukan Gibran

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan investigasi terkait akun Kaskus bernama ‘Fufufafa‘, yang sempat menjadi perbincangan publik karena dikaitkan dengan Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming. Budi Arie menegaskan bahwa akun tersebut bukan milik Gibran.

“Bukan, bukan akun Gibran,” ujar Budi usai menghadiri rapat kerja bersama Komisi I DPR di kompleks MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, pada Selasa (10/9/2024).

Budi Arie menjelaskan bahwa akun Kaskus tersebut telah ada sejak lama. Ia juga menambahkan bahwa pihaknya sudah mempelajari lebih lanjut mengenai polemik yang mengaitkan akun itu dengan Gibran.

“Akun itu sudah lama ada, kami sudah pelajari semua hal terkait,” katanya.

Menurut Budi, penyelidikan terkait akun ‘Fufufafa’ dimulai sejak isu tersebut mencuat di publik. Namun, ia belum bersedia mengungkapkan siapa sebenarnya pemilik akun tersebut.

“(Investigasi dilakukan) sejak kemarin. Sejak akun itu viral, ya,” ungkapnya.

Budi juga menambahkan bahwa pihaknya belum bisa memberikan detail lebih lanjut tentang identitas pemilik akun. “Kita masih menunggu waktu yang tepat untuk mengungkapkan siapa pemiliknya,” katanya.

Sebagai informasi, akun Kaskus ‘Fufufafa’ menjadi perbincangan hangat di media sosial, terutama di platform X (sebelumnya Twitter), setelah sejumlah unggahannya dibagikan oleh pengguna lain. Akun tersebut kerap memberikan komentar negatif mengenai Prabowo Subianto, yang saat ini juga menjadi salah satu tokoh penting di kancah politik nasional.

Saat ditanya mengenai akun tersebut, Gibran Rakabuming meminta agar pertanyaan ditujukan kepada pemilik akun. “Ya, tanyakan saja kepada pemilik akun,” ujar Gibran saat diwawancarai di Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Kota Solo, pada Selasa (10/9), seperti yang kami kutip dari detikJateng.

Isu ini menarik perhatian publik karena nama Gibran semakin populer setelah ia terpilih sebagai Wakil Presiden dalam pemilihan umum 2024. Banyak pihak yang penasaran tentang siapa pemilik akun ‘Fufufafa’ sebenarnya, mengingat kontroversi yang melibatkan unggahannya.

Namun hingga saat ini, tidak ada konfirmasi resmi mengenai siapa di balik akun tersebut, dan Budi Arie memastikan bahwa pihak Kominfo terus melakukan penyelidikan untuk mengungkap kebenarannya. Pihaknya meminta masyarakat untuk bersabar dan menunggu hasil investigasi lebih lanjut.