Politikus PKS: PKS Dukung Bobby Nasution Gunakan Kaidah Ushul Fiqih

Pbobyartai Keadilan Sejahtera (PKS) mendukung menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Bobby Nasution di Pilgub Sumatera Utara menggunakan pendekatan ushul fiqih.

“Untuk Sumut, hanya ada dua opsi. Edy atau Bobby. Dengan Edy, panjang pendekatan, namun tidak tercapai kesepakatan berkoalisi. Kami menggunakan kaidah ushulul fiqh, akhofud dhararain. Mana yang paling ringan mudhoratnya,” kata politikus PKS Tifatul Sembiring di akun X (Twitter), Senin (2/9/2024).

Untuk Pilkada Jateng, kata Tifatul, PKS tidak pernah menyatakan secara resmi mendukung Kaesang Pangarep.

“Untuk Jateng (saat itu), baru sebatas pembicaraan dg pak Luthfi. Belum ada SK dsb. Ketika turun Keputusan MK 60, Kaesang batal. Dan PKS nggak pernah ngusung Kaesang. Walaupun sbg sesama parpol yang resmi di Republik ini, silaturrahim Kaesang ke DPP PKS kami sambut dengan baik,” tegas Tifatul.

Kata Tifatul, kunjungan Kaesang ke kantor DPP PKS kapasitasnya sebagai Ketua Umum PSI untuk bersilaturahmi sesama partai politik.

“Beliau ketua PSI. PKS bukan pendukung, apalagi pemuja dinasti pak. Timbangan memilih calon di pilkada ini, taktis2 saja. Siapa yg lebih berpeluang meningkatkan kesejahteraan buat masyarakat setempat,” ungkap Tifatul.

Tifatul menekankan untuk tetap menjaga persatuan di tengah perbedaan pilihan di Pilkada. “Nggak setuju dg sikap PKS, silakan pak. Kami tidak akan memaksa. Namun persatuan, mari sama2 kita jaga,” pungkasnya.