Makin Ngawur, Fuad Plered: Shalat Sunnah tak Wajib Menghadap Kiblat

Pimpinan Pondok Pesantren Roudlatul FatihahMuhammad Fuad Riyadi alias Fuad Plered menyebut shalat Sunnah tidak wajib menghadap kiblat.

“Bagi teman-teman yang belum mendengar, Shalat Sunnah tidak wajib menghadap kiblat. misal melihat Alif shalat sunah menghadap selatan tidak apa-apa,” kata Fuad Plered dalam video yang beredar.

Kata Fuad Plered, sunnahnya shalat sunnah menghadap kiblat. “Shalat wajib wajib menghadap kiblat. Mengerti kiblat di Barat tapi menghadap selatan rugi tidak mendapat pahala menghadap kiblat. Tapi shalat sunnah tidak menghadap kiblat tidak apa-apa,” jelasnya.

Dikutip dari NU Online, seseorang yang tidak menghadap kiblat saat shalat, dihukumi tidak sah, kecuali dalam dua kondisi, yakni ketika shalat khauf dan shalat sunnah yang dilaksanakan di atas kendaraan.

Hal ini dinyatakan oleh Imam Abu Ishak Ibrahim bin Ali bin Yusuf al-Fairuzzabadi al-Syairazi dalam Al-Muhadzdzab fi Fiqh al-Imam al-Syafi’i (Damaskus: Dar al-Qalam, 1992), juz I, hal. 129: استقبال القبلة شرط في صحة الصلاة إلا في حالين في شدة الخوف وفي النافلة في السفر

“Menghadap kiblat merupakan syarat sah shalat kecuali dalam dua kondisi, yakni ketika kondisi teramat bahaya (perang berkecamuk) dan shalat sunnah yang dikerjakan saat perjalanan”

Masih menurut Imam Abu Ishak (juz I, hal. 129-130), ada dua kondisi terkait menghadap kiblat yang nanti akan memberikan konsekuensi hukum yang berbeda, yakni: فإن كان بحضرة البيت لزمه التوجه إلى عينه… وإن لم يكن بحضرة البيت نظرت فإن عرف القبلة صلى إليها وإن أخبره من يقبل خبره عن علم قبل قوله ولا يجتهد …وإن رأى محاريب المسلمين في موضع صلى إليها ولا يجتهد لأن ذلك بمنزلة الخبر وإن لم يكن شيء من ذلك نظرت فإن كان ممن يعرف الدلائل فإن كان غائباً عن مكة اجتهد في طلب القبلة لأن له طريقاً إلى معرفتها بالشمس والقمر والجبال والرياح … فكان له أن يجتهد كالعالم في الحادثة

“Apabila ia berada di dalam bait (Masjidil Haram), maka wajib baginya menghadap ‘ain kiblat… Apabila ia tidak berada didalamnya, maka dilihat dulu, jika ia tahu arah kiblat, maka sholat menghadap arah tersebut, jika ada seorang terpercaya yang mengabarinya, maka terima kabar tersebut dan tidak perlu berijtihad lagi…jika ia melihat sekumpulan muslimin di suatu tempat shalat menghadap ke sebuah arah, maka ia tidak perlu ijtihad, karena hal itu sama saja seperti sebuah kabar. Jika tidak ada sesuatu pun, maka dilihat dulu, jika ia adalah seseorang yang bisa menangkap pertanda, sedangkan kondisinya jauh dari Makkah, ia mesti berijtihad mencari arah kiblat menggunakan metode bisa dari melihat matahari, bulan, bintang, atau arah angin bertiup…maka wajib baginya berijtihad sebagaimana orang alim berijtihad menyikapi persoalan fiqih terbaru.”

Dari ta’bir di atas bisa kita pahami bahwa jika seseorang berada di dalam Masjidil Haram, maka yang dihadap olehnya haruslah “benda” Ka’bah itu sendiri. Jika ia berada di luar Masjidil Haram, termasuk di Indonesia, maka cukup menghadap arahnya saja. Imam Abu Ishak juga menekankan bahwa bagi seseorang yang tidak tahu arah kiblat, maka ia haruslah berijtihad dengan berbagai tawaran cara seperti disebutkan panjang lebar di atas. Demikian, semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bi shawab.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News