Pamer Kekuatan Militer, Upaya Cina Menutupi Kelemahan Dalam Negeri

Cina memamerkan kekuatan militer dengan mengirimkan dua pesawat antikapal selam menerobos zona udara Taiwan merupakan upaya negeri Tirai Bambu itu menutupi kelemahan dalam negeri.

“Yang dilakukan Cina dengan menerobos zona udara Taiwan untuk menutupi kelemahan dalam negeri. Partai Komunis Cina (PKC) sudah tidak solid lagi,” kata pengamat kebijakan publik Amir Hamzah kepada suaranasional, Kamis (17/9/2020).

Kelemahan dalam negeri Tirai Bambu, menurut Amir Hamzah terlihat masyarakat di Cina sendiri tidak setuju gerakan PKC.

Amir Hamzah juga mempunyai analisa lain atas manuver Cina di Taiwan sebagai uji coba untuk merespon Amerika Serikat (AS).

“Cina melihat Taiwan punya kelemahan tertentu sehingga melakukan uji coba apakah Taiwan merespon atau tidak? Posisi armada ketujuh AS di Guam tentu mempunyai komitmen membela Taiwan koalisnya AS, tentu saja melihat solidaritas AS dalam keamanan Taiwan,” ungkapnya.

Selain itu, kata Amir Hamzah, Cina melakukan manuver dengan masuknya Kapal Cina Coast Guard di Laut Natuna Utara setelah pangkalan militernya di Indonesia ditolak Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. “Masyarakat, DPR, Presiden Jokowi dengan elitnya mengkalkulasi hubungan cina dengan berbagai bidang,” paparnya.