Luhut Ingin Surya Paloh di Koalisi Pemerintah dan Batalkan Mengusung Anies di Pilpres 2024

Menko Maritim dan Investasi menginginkan Surya Paloh tetap di Koalisi Pemerintah dengan membatalkan mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

“Pertemuan Surya dengan Luhut yang juga senior di Golkar. Sebagai representasi Jokowi, Luhut tampaknya ingin Surya tetap di Koalisi Pemerintah dengan harapan membatalkan mengusung Anies,” kata pengamat politik Universitas Esa Unggul M Jamiluddin Ritonga kepada redaksi www.suaranasional.com, Selasa (9/5/2023).

Kata Jamiluddin, substansi pertemuan Surya dengan Luhut tampaknya berbeda dengan pertemuannya dengan Jusuf Kalla. Kalau dengan Luhut, ada kemungkinan ia ingin menarik NasDem keluar dari Koalisi Perubahan. Sementara pertemuan dengan JK, peluang memperkuat Koalisi Perubahan.lebih besar.

“Di lain pihak, Airlangga Hartarto juga dalam kendali Jokowi. Karena itu, Airlangga berpeluang lebih mengikuti arah politik Jokowi pada Pilpres 2014,” jelasnya.

Indikasi selama ini, Jokowi terkesan memang tidak menghendaki Anies menjadi capres. Hal itu tentunya diketahui Airlangga.

Karena itu, kata Jamiluddin, kecil kemungkinan Airlangga akan berlabuh ke Koalisi Perubahan. Peluang itu semakin besar karena Luhut juga diperkirakan tidak menghendaki Anies Baswedan menjadi capres.

“Gambaran tersebut mengindikasikan peluang Golkar bergabung ke Koalisi Perubahan sangat kecil. Golkar akan berkoalisi dengan partai yang direstui Jokowi. Untuk itu, Koalisi Perubahan bukan pilihannya,” pungkasnya.