Jokowi Gagal Menyelesaikan Kasus HAM

Presiden Joko Widodo (Jokowi) gagal menyelesaikan masalah pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) pada masa lalu.

“Sebenarnya kasus HAM masa lalu bisa diselesaikan. Tapi presiden Jokowi gagal melakukannya,” kata politikus Partai Demokrat Benny K Harman di acara diskusi bertajuk “Koalisi Bicara” di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Selasa (8/1/2019).

Benny mengatakan, bangsa Indonesia sangat berkepentingan untuk menyelesaikan kasus HAM masa lalu. Hal itu penting agar bangsa ini tidak terjebak pada pergulatan kasus-kasus pada masa lalu. Demokrat sebagai salah satu partai pengusung paslon 02 Prabowo-Sandi mengusulkan pembentukan dewan nasional penuntasan kasus HAM masa lalu.

“Harapan kita pemerintahan di bawah Prabowo dan Sandiaga punya konsep dan skema yang lebih jelas untuk menyelesaikan pelanggaran HAM di masa lalu,” kata Benny.

Mantan pimpinan Komisi III DPR ini juga mengkritisi komitmen rezim Jokowi terhadap penguatan institusi pemberantasan korupsi. Benny mengatakan, komitmen penguatan KPK sebagai salah satu institusi pemberantasan korupsi di Indonesia tidak tampak pada era ini.