Guru Besar Emeritus UGM Minta Jokowi Datang Ke PN Jakarta Pusat dan Tunjukkan Ijazah Asli

Presiden Joko Widodo (Jokowi) lebih baik datang ke PN Jakarta Pusat dan menunjukkan ijazah aslinya.

“Please, do, come to PN Jakarta Pusat. Ya cukup mungkin 10 menit ya Pak Jokowi. Tunjukkan ini lho ijazah saya yang asli. Nah kemudian argumen Bambang Tri dan para advokatnya itu bakal menjadi salah,” Guru Besar Emiritus UGM Prof Amien Rais elalui channel Youtubenya, Amien Rais Official, Jumat (14/10/22).

Para penggugat, kata Amien Rais akan tidak bisa banyak bicara jika Jokowi menunjukkan ijazah asli. “Ini loh (tunjukan ijazahnya), sehingga menurut saya akan mati kutu barangkali ya, akan patah itu (tuntutan) demikian juga Pak Jokowi,” ungkapnya.

Amien Rais juga mengatakan, keadaan mungkin akan berbalik jika sebaliknya kalau yang benar (ijazahnya palsu) adalah yang digugat oleh Bambang Tri Mulyono dan dibantu oleh 5 advokatnya.

“Ya tentu resikonya wallahualam,” kata dia.

Dia juga mempertanyakan, apakah MPR kemudian akan mengempis Presiden Jokowi jika ijazahnya palsu? “Saya tidak tahu ya, tapi itulah saya kira cara paling mudah. Jangan berpiral dengan kesana kemari apalagi mengumbar secara liar ya,” kata dia.

Kata Amien Rais, citra Presiden Jokowi menjadi baik jika datang ke PN Jakarta Pusat dengan menunjukkan ijazah aslinya. “Jokowi malah citranya bisa jatuh. Jadi gagah saja Pak Jokowi datang, kemudian tunjukkan, selesai,” katanya.

“Apalagi mau jadi tuan rumah G20, tapi kalau kemudian Anda keliru ya sudah akui saja. Kemudian resiko hukumnya konstitusinya bagaimana, ya saya wallahualam,” tutupnya.