Pemerintah Kirim 5 Wakil ke Olimpiade Fisika Internasional ke-48

Foto: Ferris Prima Nugraha
Foto: Ferris Prima Nugraha

Kejuaraan Olimpiade Fisika Internasional (International Physics Olympiad) atau dikenal dengan IPhO akan diikuti ratusan peserta dari 86 negara. Indonesia mengirimkan lima siswa terbaik untuk berlaga dalam olimpiade fisika ke-48 ini.

Mereka adalah Fikri Makarim Soesrianto dari SMA it Al Binaa, Bekasi. Selain itu ada Faizal Husni dari SMA Kharisma Bangsa di Tangerang Selatan, Ferris Prima Nugraha dari SMAK Penabur Gading Serpong, Tangerang. Dua lainnya adalah Bonfilio Nainggolan dari SMA N 48 Jakarta dan Gerry Windiarto Mohamad Dunda dari SMANU MH Thamrin, Jakarta.

Baca juga:  Polsek Kep Seribu Selatan Beri Sanksi Puluhan Pelanggar

“Kami siap menjadi yang terbaik,” ucap Gerry di Yogyakarta seperti kami kutip dari sindonews, Rabu (19/7/2017).

Tekad untuk mendapatkan medali emas juga disampaikan oleh Ferris, yang mengaku sudah melakukan persiapan jauh-jauh hari, termasuk ikut menjalani pelatnas dan memperbanyak berlatih soal-soal.  “Doakan saja semoga berhasil,” harapnya.

IPhO ke-48 yang akan dilaksanakan mulai 16 Juli sampai 24 Juli ini, diikuti 650 peserta dari 86 negara. Pembukaan akan dilaksanakan di Ballroom The Sahid Rich Hotel, Yogyakarta pada Senin (17/7), sedangkan pelaksanaan olimpiade di Sportarium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Baca juga:  Ini dia Kumpulan Suara Terompet Misterius yang diduga tanda Kiamat

Tema kali ini ialah “I’m Physics: Physics for Peace, Physics for a Better Future of Life”, IPhO bertujuan untuk mendorong kecintaan siswa SMA terhadap fisika, mempromosikan kerja sama dan persahabatan internasional untuk membangun pendidikan fisika yang berkualitas. Tema yang dipilih sangat relevan dengan prioritas pembangunan pendidikan di Indonesia, yaitu penguatan pendidikan karakter.