Rezim Jokowi Menuju Totaliter, Ini Tanda-tandanya

Presiden Jokowi (IST)
Presiden Jokowi (IST)

Saat ini Rezim Joko Widodo (Jokowi) menuju totaliter dengan ditandai pelarangan acara ILC di TV dengan “Membidik Rizieq” dan pemblokiran beberapa situs berita oposisi. Pelarangan acara ILC sudah kedua kalinya.

“Medoso sedang diseragamkan perilakunya. Menyusul Islam diseragamkan. Lalu pers dimulai dengan ILC. Subtansi demokrasi ditandai adanya heterogenitas. Kalau homogen namanya totaliter,” kata mantan anggota DPR Djoko Edhi Abdurrahman kepada suaranasional, Rabu (25/1).

Djoko, arah menuju totaliter juga terlihatĀ  kelompok-kelompok seminar diseragamkan dengan ancaman makar. “Seminar dan diskusi pun redup. Tak ada lagi yang memprotes,” ungkap Djoko.

Menurut Djoko, satu pers dalam acara ILC berhasil diberangus berhasil akan disusul kedua, ketiga, hingga semuanya dalam istilah Orde Baru pers yang konstruktif.

“Yaitu, pers yang hanya menjadi corong penguasa. Tak boleh ada suara yang oposisi. Terakhir diseragamkan pers azas tunggal. Itu yang disebut penyeragaman perilaku,” ungkap Djoko.

Menurut Djoko, demokrasi seumur jagung. Belum sempat memperbaikinya, sudah keburu mau mati. “Gejalanya, pers lebih dulu dibungkam, lebih lanjut para kritikal, selanjutnya lembaga lembaga kontrol,” pungkas Djoko Edhi.