Ketua MK Kasih Sinyal Gibran Lolos Jadi Cawapres

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman memberikan sinyal pemuda Indonesia bisa menjadi pemimpin bangsa dan itu pernah dilakukan di era Rasulullah.

“Sangat banyak kader-kader muda yang dididik Rosulullah menjadi kader-kader pemimpin masa depan yang luar biasa. Banyak sekali anak-anak muda yang menjadi pemimpin besar hasil didikan dari kaderisasi yang dijalankan oleh Rasulullah Muhammad SAW, ada Khalid bin Walid yang menjadi panglima di usia yang sangat muda,” kata Anwar Usman saat memberikan kuliah umum di Universitas Sultan Agung (Unissula) Semarang, Jawa Tengah pada Sabtu, (9/9/2023) kemarin.

Baca juga:  Prabowo Emosional, Ganjar Datar dan Anies Bernas

Ia menambahkan, MK memiliki posisi yang sangat strategis. Pendirian Mahkamah Konstitusi berfungsi untuk menjaga konstitusi supaya tegaknya prinsip konstitusionalitas hukum. Dalam upaya menjaga konstitusi, aktivitas pengujian undang-undang diperlukan dalam ketatanegaraan Indonesia.

Pasalnya, UUD 1945 menegaskan apabila panutan sistem ialah supremasi konstitusi bukan lagi supremasi parlemen. MK dibentuk guna menjamin tidak ada lagi produk hukum yang keluar dari batasan konstitusi.

“Sehingga, hak-hak konstitusional warga negara terjamin dan konstitusi itu sendiri terjaga konstitusionalitasnya,” jelas dia.

Baca juga:  Setelah Gabung Jokowi, Korupsi Ketum PAN Zulkifli Hasan Aman