Aktivis Malari 74: Resesi Ekonomi Ancam Indonesia, Rezim Jokowi Bisa ‘Gulung Tikar’

Rezim Joko Widodo (Jokowi) bisa ‘gulung tikar’ akan adanya resisi ekonomi yang mengancam bangsa Indonesia. Resesi ekonomi beberapa negara menjadi efek domino dan bisa menjalar ke Indonesia.

Demikian dikatakan aktivis Malapetaka Limabelas Januari (Malari) 74 Salim Hutadjulu dalam pernyataan kepada suaranasional, Kamis (23/7/2020). “Berdasarkan data, pengangguran Indonesia mengalami peningkatan, ini tanda bahaya bagi ekonomi Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Salim, Singapura dan Korea Selatan sudah mengalami resesi ekonomi. “Kalau saya lihat, Indonesia bisa mengalami krisis moneter seperti tahun 1998 dan lebih parah,” papar Salim.

Kata mantan tahanan politik era Soeharto ini, Indonesia bisa terkena resesi ekonomi karena fundamental ekonomi kurang kuat. “Terlalu banyak utang, dan pemasukan negara kurang,” jelas Salim.

Salim mengatakan, lembaga-lembaga negara yang harusnya dihilangkan karena menguras uang negara dan tidak mempunyai fungsi yang jelas harusnya dibubarkan. “Lembaga negara yang dibubarkan Jokowi harusnya ditambah seperti staf khusus milenial, BPIP, KSP,” ungkap Salim.