Mendadak Arab, Warga Minangkabau Pendukung Jokowi Tulis “Ahlan Wasahlan” di Spanduk

 

Spanduk bertuliskan huruf arab Ahlan Wasahlan (IST)

Masyarakat Minangkabau pendukung Joko Widodo (Jokowi) mendadak arab karena dalam spanduk pertemuan ada tulisan arab ‘Ahlan Wasahlan’ yang artinya selamat datang.

Pertemuan masyarakat Minangkabau pendukung Jokowi dilaksanakan di Rumah Makan Sederhana Tebet, Jakarta, Kamis (22/2/2018) malam.

Pertemuan diikuti oleh sekitar 75 peserta, termasuk dosen ilmu politik FISIP Universitas Indonesia Andrinof Chaniago, pegiat pariwisata Sumatra Barat Yulnofrins “Nofrins” Napilus, dan Direktur Eksekutif Cyrus Network Hasan Nasbi Batupahat.

Acara dibuat dalam suasana santai dan diawali dengan acara makan bersama. Beragam menu khas Minang, seperti gulai tunjang, gulai cubadak, gulai limpa, gulai lobak, rendang, jariang balado, ayam bakar, ikan bakar, sate, martabak, dan teh talua disajikan secara prasmanan.

Baca juga:  Taipan Merampas Tanah Milik Almarhum Abdul Rachman Saleh, Beathor: Presiden Omong Doang, Mafia Makin Makmur

Saat memberi kata sambutan, Nofrins mengaku terkejut melihat banyaknya peserta yang menghadiri kopdar #MinangPemilihJokowi.

“Meski masyarakat Minang yang memilih Jokowi tidak terlalu banyak, tetapi tidak boleh patah semangat dalam mengampanyekan kerja Jokowi di Sumatra Barat (Sumbar) dan Indonesia,” ungkapnya.

Adapun mengenai kampanye negatif lain yang ditujukan kepada Jokowi, seperti besarnya utang negara dan pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan Jokowi di seluruh wilayah Indonesia, kata Andrinof, hal itu bisa didebat dengan menyodorkan fakta dan data.

“Namun, masalahnya, mereka yang suka kampanye negatif itu tidak punya data. Kita sodorkan saja fakta dan datanya, insya Allah mereka akan tahu mana yang benar,” tutur Andrinof.

Baca juga:  Utang dari China untuk Lingkaran Kekuasaan Jokowi?

Hal senada dikatakan Hasan. Katanya, meski banyak masyarakat Minang yang memilih Jokowi dikucilkan dan dicemooh oleh kerabat dan sahabatnya, tetapi itu tidak boleh mengurangi semangat dalam mendukung Jokowi. Dia justru menyarankan orang-orang yang dicemooh itu untuk sering-sering bertemu dan berbicara dengan mereka yang masih sinis dengan Jokowi.