Wakili Presiden Karena Belum Datang, JK Temui Perwakilan Pendemo

Jk wakili Jokowi
Wakil Presiden Jusuf Kalla – Amirullah/tempo

Presiden Jokowi yang hingga kini belum menemui para Pendemo, Jusuf Kalla, Wakil Presiden pun menemui para perwakilan, beliau mengatakan proses hukum terhadap Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, terkait kasus dugaan penistaan agama akan dilakukan dengan tegas. 

Kesepakatan ini diambil setelah Kalla menerima perwakilan demonstran di kantor Wakil Presiden, Jumat sore, 4 November 2016.

“Persoalan Ahok akan kami tegakkan, laksanakan dengan hukum yang tegas dan cepat,” katanya seusai pertemuan. “Dan oleh Kapolri dijanjikan selesai dalam dua minggu pelaksanaan hukum yang cepat itu.”

Baca juga:  Lucu, Muncul Meme Adian Napitupulu Serukan Lawan Pramugari citilink

Tiga perwakilan yang diterima adalah Misbah dari Front Pembela Islam, Bachtiar Nasir dari AQL Islamic Center, dan Zaitun Rasmin dari Wahdah Islamiyah. Mereka tiba di kantor Wakil Presiden sekitar pukul 17.30 WIB. 

Nasir mengatakan JK mewakili Presiden Jokowi. “Mudah-mudahan proses hukum akan diproses secepatnya dan tegas,” paparnya.

Dia belum mau bicara lebih lanjut soal kemungkinan aksi demonstrasi lanjutan. 

“Itu kami belum bisa bicara sekarang,” lanjutnya.

Beberapa menteri pun hadir dalam pertemuan Kalla dengan perwakilan demonstran, yaitu Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto serta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. 

Baca juga:  Polisi Terapkan Sistem Satu Arah dari Tol Cikarang Utama Hingga Cipali

Selain itu, hadir Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, serta Kepala Polda Metro Jaya dan Pangdam Jaya.

Selain itu, ada Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki. Pertemuan yang dilakukan secara tertutup ini berlangsung sekitar 30 menit.