Sombong, Asap Belum Teratasi, Jokowi Sesumbar Mudah Atasi Kebakaran Hutan

Foto: Biro Pers Istana
Jokowi berada di hutan yang terbakar Foto: Biro Pers Istana

Pengamat politik Muhammad Huda menilai Presiden Jokowi terlalu sombong menganggap masalah kebakaran hutan tidak rumit, padahal sampai sekarang pemerintah pusat tidak bisa mengatasi persoalan tersebut.

“Jokowi terlalu sombong, bolehkan memberikan janji, tetapi harus melihat realitas terlebih dulu. Ini rakyat yang diberi janji tetapi kenyataan di lapangan tidak terjadi,” ungkap Huda dalam pernyataan kepada suaranasional, Jumat (23/10).

Menurut Huda, pihak kepolisian yang meralat anak perusahaan Sinar Mas dalam kasus kebakaran hutan menunjukkan lemahnya pemerintahan ini. “Jokowi hanya terlihat berani di hadapan wartawan, ketika berhadapan dengan pengusaha takut. Ketakutan ini karena pengusaha tersebut punya jasa di Pilpres 2014,” papar Huda.

Kata Huda, Jokowi kepada partai politik saja bagi-bagi kekuasaan, apalagi kepada para pengusaha yang telah membantunya. “Kalau berjanji mau menghukum perusahaan yang terlibat dalam kebakaran hutan, lihat aja keberanian Jokowi,” jelas Huda.

Sebagaimana dikutip dari setkkab.go.id artikel berjudul “Bukan Masalah Rumit, Presiden Jokowi Yakin Soal Kebakaran Hutan Bisa Kita Selesaikan”.

Dalam artikel itu disebutkan Presiden Jokowi menyakini semua yang terlibat dalam pencegahan kebakaran hutan sudah tahu jurusnya seperti apa, kungfunya seperti apa.  “Jadi ini hanya masalah kemauan,” tukasnya.

Baca juga:  Kemungkinan Ngeles Jokowi Ditanya Guru Honorer