Ulil JIL Tegaskan Qurban Diganti Uang dan Menyembelih Hewan Qurban Kurang Layak Dilakukan

Ulil Abshar Abdalla (IST)
Ulil Abshar Abdalla (IST)

Dedengkot Jaringan Islam Liberal (JIL) Kiai Haji Ulil Abshar Abdalla membuat pernyataan kontroversi di akun Twitter-nya.

“Yang perlu dipikirkan ulang: apa perlu kita menyembelih ribuan binatang selama Idul Adha? Menurut saya, tidak. Ganti saja dengan uang,” kicau Ulil di akun Twitter-nya @ulil beberapa waktu lalu.

Ulil juga mengatakan, menyembelih hewan qurban dengan jumlah yang sangat banyak tidak layak dilakukan.

“Menurut saya, membantai ribuan binatang dalam sehari hanya demi ritual agama, kurang layak dilakukan,” kicau Ulil.

Baca juga:  Tokoh JIL: Revolusi Teknologi Lebih Hebat dari Mukjizat Nabi Manapun

Ia mengusulkan uang untuk beli binatang qurban diberikan kepada pengusaha kecil sebagai modal usaha.

Bukan hanya itu, menantu KH Mustofa Bisri atau Gus Mus itu mengutarakan, qurban dalam bentuk hewan hanya menghambur-hamburkan sumber-daya alam. Kurang tepat.

“Kalau mau korban binatang, lakukan saja secara simbolis. Jadi, untuk satu kecamatan, misalnya, sembelih satu hewan saja, sebagai simbol,” pungkas Ulil.

Baca juga:  Ulil JIL Bela Tuhan Punya Anak, Ini Alasannya

12 comments

  1. Tanggung pa bsok qur ban ganti aja ama ayam . Kaya gini ko dipanggil kyai apanya yg kyai ini mah jgn 2 dukun

  2. org gila lG buat Ulah,,,dasar si ULIl karena dh dtinggal si komo otaknya jd ga krja dgn bner,,,,

  3. ngomong-ngomong ulil udah nyumbang brapa duit untuk gantiin hewan Qurban …?????

  4. Mr.Ulil is better to shut up. Because your subject is always stupid. Religion or faith is teaching us to pay respect the life history, and understand how important to sacrifice for other people as real . Your suggestion is creating new opportunity for corruption in Indonesia. STUPID , STUPID , STUPID !

  5. Kapan ya ada masanya ada seorang penguasa yg berucap dan bertindak pada ied adha dengan ucapan dan tindakan “Wahai rakyatku sembelihlah hewan hewan kurban kalian,,sesungguhnya aku akan menyembelih ulil abshar abdalla ..!!!

  6. Hati-hati , bung Fahmi ucapan itu do`a, dan dicatat oleh Allah ( Yasin.12 ), biasanya do`a keburukan akn berpulang kepada yang berdo`a, contoh, Fir`aun mau ngoprbanin Nabi Musa as, nayatanya Fir`aun yang jadi korban, Juga Abrahah, Ka`bah ia mau korbanin, nyatanya Abrahah sendiri yang jadi korban bersama tentaranya, Yudas mao korbanin nabi Isa as, nyatanya Yudas sendiri yang jadi korban, nah sekarang bung Fahmi mao ngorbanin Ulil , jangan-jangan bisa terbalik……………saudaramu cuma ngingetin, tidak lah berlebihan mengejek orang……untuk hari akhirat.trimks.

    1. Khalid bin Abdullah al-Qasir –seorang gubernur Irak pada masa
      pemerintahan Bani Umayyah- pada saat hari raya Idul Adha, selesai shalat
      beliau berkhotbah di hadapan kaum muslimin seraya berkata:

      “Wahai
      sekalian manusia, pulanglah kalian lalu sembelihlah binatang kurban,
      semoga Allah menerima ibadah kurban kami dan kalian. Saya akan
      menyembelih Ja’d bin Dirham karena dia mengatakan bahwa Allah tidak
      menjadikan Nabi Ibrahim sebagai khalil dan tidak berbicara kepada Nabi
      Musa (mendustakan Alquran.). Maha Tinggi Allah atas apa yang dikatakan oleh Ja’d bin Dirham ini.”

      Lalu beliau turun dan menyembelih Ja’d bin Dirham.

      (diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dalam Tarikh Kabir, no. 142, 542, dan Kholq Af’alil Ibad, No. 3, Ibnu Abi Hatim dalam As-Sunnah sebagaimana yang terdapat dalam Bidayah wan Nihayah, 10:21, Ad-Darimi dalam Ar-Rad Alal Jahniyyah, no. 13, 388, dan Ar Rod Alal Bisyr al-Marisi al-Anid, 118, Al-Ajurri dalam Asy-Syari’ah, 97, 328, Al-lalika’i dalam Syarh Ushulil I’tiqod, no. 512, Al-Baihaqi dalam Sunan al-Kubra, 10:205, Ibnu Asakir dalam Tarikh Dimasyq, Al-mizzi dalam Tahdzibul Kamal, 8:118, Adz-Dzahabi dalam Al-Uluu, 99-100)

  7. berarti kamu juga lil jangan minum sama mandi, cukup cuci muka saja biar buat simbol doang, Nt mandi kan menghambur2kan sumber daya alam juga hehehehehe

  8. Hukumnya DemoCrazy Ya Isinya Orang Crazy, Coba Hukum Allah.swt KHILAFAH Pasti BERKAH Akal Pikiran Dan Hatinya. Amin

  9. ini pernyataan bukan dari orang yang beragama islam.. kalau syariatnya aja gak paham .. jangan di percaya .. apalagi di ikuti.

  10. untuk motong sapi perlu ada sapi, untuk ada sapi perlu peternakan, kalau ada peternakan perlu ada yang melihara, yang melihara perlu ada upah, yang jual perlu ada untung, supaya sapi gemuk perlu dikasi makan, untuk dapat makan perlu ada pakan, untuk ada pakan perlu ada lahan. bukankan ini ada lingkar gerak perekonomian? pikiran cupet nggak berpikir panjang untuk mengeluarkan pernyataan. nah nanti kalau semua rakyat udah bosan makan daging kayaknya cocok deh itu diterapkan

  11. KH. Mustofa Bisri salah nerima mantu… juga anaknya Mustofa Bisri salah nyari Suami…

Comments are closed.