Tokoh JIL: Revolusi Teknologi Lebih Hebat dari Mukjizat Nabi Manapun

Ulil Abshar Abdalla (IST)
Ulil Abshar Abdalla (IST)

Pendiri Jaringan Islam Liberal (JIL) Ulil Abshar Abdalla mengatakan revolusi teknologi lebih hebat dari mukjizat nabi manapun.

“Ini revolusi yang jauh lebih hebat dari mukjizat nabi manapun, termasuk mukjizat Musa yang membelah lautan atau mengubah tongkat menjadi ular,” kata Ulil di akun Facebook-nya beberapa waktu yang lalu.

Ulil merasa bersyukur bisa hidup dan menyaksikan revolusi digital, dan dampak ikutannya yang luar biasa: yaitu revolusi social media.

“Dunia digital yang mengubah secara revolusioner banyak prilaku kita sehari-hari,” ungkap Ulil.

Kata Ulil, Generasi awal internet masih sangat berkesan. “Suara khas modem saat dial-up dulu tak akan pernah saya lupakan. Koneksi internet masih sangat sederhana. Teknologi broadband belum hadir. Kecepatan “data download” hanya 100an kbps. Untuk men-download gambar, butuh waktu lama,” papar Ulil.

Ia pun tidak mengetahui revolusi teknologi yang akan hadir di era digital sekarang ini. “Kita tidak tahu revolusi teknologi apa lagi yang akan hadir di era digital ini?” pungkas Ulil.

Baca juga:  Ulil JIL Minta Umat Islam tak Perlu Takut Nabi Baru

38 comments

  1. Org strezz tidak ada yg menandingi mukzizat nabi sebab itu langsung dri sang pencipta

    1. Biarin ngoceh apa saja manusia itu…azab Allah akan datang…dunia akherat..aamiin

  2. Apakah orang ini pernah hidup di jamannya nabi, khususnya nabi Musa? Kok bisa membandingkan deperti itu..? Revolusi teknologi merupakan hasil dr proses yg panjang dr perkembangan ilmu pengetahuan shg tetap dapat dicerna oleh akal manusia..! Mukjizat datang langsung dr Allah yg pd saat itu memang tdk bs dicerna oleh akal manusia sbg bukti kekuasaan Allah…

  3. ini orang ga bakal kena di ceramahin apa saja..urusannya langsung sm Allah aja kali ya..mangga mas ulil seenak jidat mu saja..

  4. kalau gitu bisa gak BIBIR nya ulil dipakaikan teknologi, itu bibirnya suruh di upgrade dulu

  5. oon nih orang #facepalm
    jauh lebih hebat nabi musa yg membelah lautan dan merubah tongkat jadi ular lah, mana ada teknologi sekarang yg bisa begitu,

  6. Revolusi mana yg lebih baik dr mukjijat para nabi?
    – informasi: teknologi informasi mana yg sdh dapat menghasilkan percakapan dengan Alloh swt? Apakah ada teknologi yg sdh bisa membuat seorang bayi berbicara?
    – kekuatan persenjataan: teknologi mana yg sdh dpt membelah lautan dlm perhitungan detik?
    – kedokteran: teknologi mana yg sdh dpt menyembuhkan orang tanpa proses atau menghidupkan orang yg sdh mati dlm sekejap?
    Kata orang sunda mah: “silaing ngaco lil, loba bacot ngan saukur nyieun masalah. Disini menunjukkan ketololan.
    gak bisa dibandingkan mukjijat dgn teknologi.
    Sy sengaja tdk mengungkap mukjijat nabi Muhammad saw krn lo akan semakin kelihatan bodohnya.

  7. Dia ngomong gitu tu mhkin karna bibirnya ga bisa dibenerin, jadi marah.!! Wkwkwkwkwkwk

  8. Sbentar lg akan dtg azab Allah yg akan membelahkan bibir sumbing kau sampe pangkal leher belakang kau ULIL ABSHAR ABDALLA SETAN

  9. Rasanya kurang relevan membandingkan hasil karya manusia yang lemah dan terbatas dengan mukjizat yang berasal dari ilahi. Inilah bahaya dari pemikiran liberal yang mendewakan kebebasan, sehingga menjadikan akal diatas segalanya sampai berani menantang Sang Kholiq.

    1. Konteks dia ngomong untuk menjauhkan manusia dari agama…..
      Mengecilkan peran Tuhan,padahal dia tidak sadar bahwa teknologi itu hasil kemurahan Tuhan kepada
      manusia…
      Misi dia menggiring manusia jauh dari agama..

  10. wkwkwkwkw… Liiillll… Liilllll…. masih hdiup toh manusia ini..??? temenya Ade Armadilo ini bener2 pengen dianggap sbg akademis muslim yg gagasanya gres. yg ada malah nabrak sana sini… hadeuhhh

  11. di jaman para rasul orng2 seperti ulil sudah ada … tanda2 akhir jaman

  12. Orang lebay yang baru melek teknologi, jadi mirip orang udik terus ke kota lihat gedung menjulang tinggi …ngomongnya jadi ndesoni …Persis Ulil ini

  13. dasar anjing lebih hina dari binatang yg di hinakan udah bisa hidup yg menghidupi ngejilat sampai menistakan agama

  14. Ini orang tolol,sumbing,orang sprti ulil ini harus di hapuskan di dunia..smoga Allah swt mengampuni pola pikir org gila ini

  15. iya benar itu mas….mukjizat nabi hanya menyentuh orang2 disekitarnya sedangkan teknologi dapat menyentuh setiap sisi kehidupan semua lapisan masyarakat dunia,bagi mereka yang bersebrangan silakan meninggalkan teknology……

    1. yang menemukan tekhnologi saja mempercayai kebesaranNYa, lah ini orang yang tinggal pakai kok keblinger.

    2. Konteks dia ngomong untuk menjauhkan manusia dari agama…..
      Mengecilkan peran Tuhan,padahal dia tidak sadar bahwa teknologi itu hasil kemurahan Tuhan kepada
      manusia…
      Begitulah si ulil

  16. siapa bilang manusia sekarang tak bisa membelah lautan menjadi jalan raya,lihat saja jembatan suramadu itu hasil revolusi teknologie yg nyata bisa dinikmati semua kalangan. banyak pesulap dunia bisa merubah macan menjadi wanita cantik bahkan bisa menembus tembok cina. itu hasil revolusi teknologie.

    1. Berapa bulan Jembatan Suramadu dibangun? Nabi Musa hanya butuh waktu beberapa menit saja..Kalo mengubah sesuatu, Dukun-dukun Firaun pun sudah bisa….hahay

    2. Konteks dia ngomong untuk menjauhkan manusia dari agama…..
      Mengecilkan peran Tuhan,padahal dia tidak sadar bahwa teknologi itu hasil kemurahan Tuhan kepada
      manusia…
      Mudah²an anda faham

  17. Gw yakin pasti ulil mati ditembak orang tuh,,,bibir udah diazab sama allah masih ga nyadar Ngomong masih begitu,,kebanyakan makan tai kli, jd klo ngomong bau

  18. Saya rasa ada benarnya, mukjizat para Nabi memang luar biasa, tapi teknologi manusia memungkinkan generasi sekarang melakukan hal2 yang orang jaman dulu bilang mujizat secara konsisten, terus menerus, accessible tidak terbatas beberapa Nabi pilihan Tuhan.

    1. Konteks dia ngomong untuk menjauhkan manusia dari agama…..
      Mengecilkan peran Tuhan,padahal dia tidak sadar bahwa teknologi itu hasil kemurahan Tuhan kepada
      manusia…

  19. kasihan ulil udah disesatkan Allah…siapa.mau ikut ulil ? itulah orang-orang yg disesatkan Allah…

Comments are closed.