Wow! Samsung Galaxy S6 Edge akan dibuat di Indonesia

Boks penjualan Galaxy S6 Edge. (Ist/detikINET)
Boks penjualan Galaxy S6 Edge. (Ist/detikINET)

[nextpage title=”satu”]

Ponsel kelas atas hari ini, Rabu (29/4/2015) Samsung Galaxy S6 Edge akan dirilis dan dirakit secara resmi di Indonesia.

Ponsel status ‘Made in Indonesia’ itu sendiri terlihat jelas dari bocoran boks penjualan Galaxy S6 Edge yang diterima oleh detikINET. Di situ tertulis secara jelas bahwa ponsel dengan desain seksi itu ‘Dibuat di Indonesia’.

Soal Kabar ini pihak Samsung memang belum mengkonfirmasi isu ini. Namun jika benar, artinya pabrik ponsel Samsung di Indonesia sudah beroperasi, dan bisa jadi Galaxy S6 Edge adalah rakitan perdananya.

Karena jika dibandingkan dengan ponsel Samsung lainnya yang dijual ke pasar Indonesia, asal negara pembuat perangkat biasanya selalu tertulis negara lain pada ponselnya. Misal, Galaxy Alpha pada bagian boks penjualannya terukir ‘Dibuat di Vietnam’.

Halaman 1 of 2

[/nextpage]

[nextpage title=”dua”]

Tempat Pabrik Perakitan

Baca juga:  Usia yang Tepat Memberikan Gadget Pada Anak

Rencana Samsung untuk membangun pabrik ponselnya di Indonesia sejatinya sudah dipastikan kebenarannya. Hanya saja masih belum diketahui secara pasti kapan pabrik tersebut beroperasi.

Kabar terakhir datang dari Taiyoung Cho Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia saat menyambangi Jusuf Kalla (JK) pada 20 Maret 2015. Di pertemuan tersebut, Taiyoung dan JK membahas hubungan antara kedua negara yang berjalan baik. Termasuk komitmen Korsel untuk mengembangkan kerjasama di berbagai bidang.

“Saya menyampaikan, Korea bertekad untuk mengembangkan kerjasama yang baik di berbagai area, termasuk di kerjasama pertahanan. Saya juga menjelaskan penanaman modal asing baru dari perusahaan Korea. Sebagai dubes, saya akan melakukan hal yang terbaik untuk mendorong FDI dari Korea di Indonesia,” ucap Taiyoung di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Selain itu, Taiyoung juga menegaskan bahwa perusahaan elektronik asal Negeri Ginseng, Samsung akan membangun pabrik di Indonesia pada awal tahun 2015.

Untuk lokasinya sendiri, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Mahendra Siregar, pernah mengatakan jika pabrik ponsel Samsung itu terletak di kawasan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Pabrik itu kabarnya bakal digunakan oleh Samsung sebagai basis produksi seluruh ponsel Samsung yang dijual di Indonesia.

Baca juga:  Polytron MUZE Bluetooth Speaker, Desain Mini Suara Menggelegar

Kabar tersebut dibenarkan oleh Budi Darmadi, Dirjen Industri Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian beberapa waktu lalu. “Jadi, tapi dia (Samsung-red.) cuma tambah line produksi saja. Selama ini kan lini produksi Samsung itu baru TV, audio, kulkas, mesin cuci. Sekarang mereka tambah lini produksi ponsel,” papar Budi.

Meskipun pemberitaan tentang rencana Samsung mendirikan pabrik ponselnya di Indonesia sudah marak beredar, tapi sayangnya pihak Samsung sampai saat ini masih memilih untuk sedikit bicara.

 

Halaman 2 of 2

 

[/nextpage]