Aktivis Islam: Mama Ghufron Menyebarkan Kesesatan

Mama Ghufron yang mengaku seorang wali dan mengarang 500 kitab berbahasa Suryani serta bisa berbahasa semut telah menyebarkan kesesatan.

“Saya lihat ajaran Mama Ghufron di YouTube. Isinya sesat,” kata aktivis Islam Farid Idris dalam pernyataan kepada redaksi www.suaranasional.com, Rabu (19/6/2024).

Menurut Farid, ajaran Mama Ghufron telah meresahkan masyarakat dan pihak pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag) harus bertindak. “Masyarakat yang pemahaman Islam masih lemah bisa terpengaruh ajaran sesat Mama Ghufron,” ungkapnya.

Farid mengatakan, Mama Ghufron dan pengikutnya terus menyebarkan kesesatan di media sosial. “Mama Ghufron terus mencari panggung untuk menyebarkan kesesatannya,” tegas Farid.

MUI Banten, kata Farid harus memanggil Mama Ghufron atas penyebaran ajaran sesat. “MUI Banten harus memanggil Mama Ghufron untuk mengklarifikasi ajaran sesatnya. Pertemuan MUI Banten dengan Mama Ghufron harus terbuka biar publik mengetahui kapasitas keilmuan agama Islam yang dimiliki Mama Ghufron,” paparnya.

Kata Farid, Mama Ghufron tidak memiliki kemampuan keilmuan agama Islam yang baik. “Saya tidak pernah melihat Mama Ghufron membaca Al Qur’an dan hadits di hadapan para pengikutnya,” pungkasnya.