Kaesang Jadi Cawagub Jakarta, Anies: Setiap Warga Negara Punya Hak Sama

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep sebagai warga negara Indonesia mempunyai hak yang sama dengan warga lainnya untuk maju menjadi calon wakil Gubernur Jakarta.

“Sebenarnya secara prinsip setiap warga negara memiliki hak yang sama. Hak yang sama untuk dipilih,” kata Anies Baswedan di DPW PKB DKI Jakarta, Jakarta Timur, Kamis (13/6/2024). Anies menjawab soal peluang berduet dengan Kaesang.

Anies menyampaikan sosok yang akan mendampinginya sebagai calon wakil gubernur (cawagub) pasti dipilih bersama para partai pengusungnya dalam pilgub mendatang. Nantinya, kata dia, partai pengusung akan berdiskusi menemukan kombinasi yang pas. Prinsipnya, lanjut dia, setiap orang pasti memiliki kesempatan yang sama.

“Hasil ini adalah proses di mana partai-partai menetapkan siapa yang akan dicalonkan. Dari situ kemudian nanti akan dicarikan, dicari kombinasi pasangan sebagai bagian dari proses politiknya. Jadi saya bisa katakan secara prinsip negeri ini menganut prinsip itu, semua punya kesetaraan kesempatan,” jelasnya.

Lalu, apakah Anies bersedia jika dipasangkan dengan putra bungsu Presiden Joko Widodo itu? Sekali lagi, Anies menjelaskan proses mencari rekan pengusung masih bergulir. Anies memandang saat ini tak mungkin PKB mengusungnya sendiri sehingga perlu berkoalisi dengan parpol lain.

“Sekarang ini, kita memikirkan bagaimana agar PKB tidak sendirian. Tetapi bisa bersama-sama dengan partai yang lain karena tidak mungkin bisa mengusung sendirian bukan? Jadi urutannya begitu dulu, setelah urutan itu selesai baru kita bicarakan pasangan,” jelasnya.