Jokowi Menghancurkan Indonesia

Oleh: Memet Hamdan, Pengamat Kebudayaan dan Pembangunan

Utang Pemerintah R.I. pada tahun
2022 tercatat Rp. 7.554,25 Triliun, belum diperoleh up dating untuk medio tahun 2023 ini. Menambah kehawatiran kita bila berita dari TV India sekitar bulan Februari 2023 lalu bahwa Negara China juga mengedarkan Hidden Debt kepada banyak Negara Miskin di Afrika dan Asia yang besarannya untuk setiap negara mencapai nilai “ribuan” triliun rupiah, termasuk Indonesia diberi “hidden debt” oleh China sebanyak 78% dari total hutang nya ke China. Luar binasa, hutang Indonesia ke China yang resmi dicatat dalam pembukuan hanya 22 %. Jadi, total utang indonesia ke China sebenarnya adalah sebesar 100/22 x 7.554,25 = 34.336,35 Triliun Rupiah. Luar binasa, bukan luar biasa karena dengan besaran APBN yang hanya mencapai 2,500+ triliun rupah ini berarti Indonesia secara Politik Ekonomi benar benar telah tergadaikan kepada China sebagai Kreditur, baik untuk hutang yang resmi tercatat dalam APBN maupun untuk “hidden debt”.

Kebijakan Presiden Jokowi yang signifikan menyangkut keuangan negara tapi kemudian menjadi po─║emik yang disoroti banyak ahli ekonomi makro, diantaranya royalti yang rendah atas pengelolaan usaha pertambangan, penjualan aset yang dibangun dengan modus investasi seperti Jalan Toll, Pembangunan Ibu Kota Negara di Kalimantan, dan pembangunan Kereta Api Cepat Bandung Jakarta. Pembangunan fasilitas Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan di tempatkan sebagai kegiatan yang harus segera selesai. Dalam bahasa olahraga Bridge, dia menempatkan kegiatan ini sebagai “forcing to game”, meskipun prasyaratnya tidak mencukupi. Kegiatan pembangunan Kereta Api Cepat Bandung Jakarta yang semula merupakan kegiatan bisnis investasi Perusahaan China berubah modus menjadi kerjasama “bisnis to bisnis” dengan salah satu BUMN Indonesia. Namun, berikutnya China meminta agar kegiatan pembangunan Kereta Api ini harus ditanggung APBN Republik Indonesia.

Baca juga:  Kesepakatan Jokowi-Xi Jinping Memiliki Potensi Resiko Laten Ekonomi Indonesia

Saat ini, dari 270+ juta penduduk Indonesia setidaknya ada dua orang Warga Negara Indonesia yang mempopulerkan nama Indonesia di masyarakat Dunia. Pertama, PUTRI ARYANTI (PA), dia telah mempopulerkan Indonesia melalui profesinya sebagai Penyanyi. PA memiliki kemampuan dan talentanya untuk menyanyikan hampir semua dan segala jenis lelaguan. Puncaknya, PA bisa meraih AMERICAN GOT TALENT 2023 di California U.S.A. melalui lagu/nyanyian ciptaannya sendiri yang berjudul LONELINESS. Bahkan, PA mampu meluluhkan hati seorang SIMON COWEL (S.C.) sang juri senior di AGT dan meminta PA menyanyikan lagu kedua. Permintaan seorang S.C. ini tidak pernah terjadi sebelumnya; S.C. terlihat di layar kaca begitu terpesona dan terpana ketika memperhatikan PA menyanyikan lagu kedua, bahkan dia terlihat tersadar dari kekaguman dan keterpanaannya dan dia bergumam – oh my god.

Yang kedua Joko Widodo (JW). Masyarakat Dunia juga ternyata terguncang oleh tampilan seorang J.W. yang Presiden R.I. Masyarakat Politik di muka Bumi ini benar benar terguncang oleh tampilan dan perilaku politik J.W. yang mampu melakukan semua dan segala bentuk kebusukan politik di dalam negrinya sendiri. J.W. bisa merogoh kantong Xi Jin Ping yang Presiden RRC untuk memberikan kredit bukan hanya kredit resmi sebesar rp. 7+ ribu triliun tapi juga dia bisa meraih “hidden debt” sebesar rp. 27+ ribu triliun. Dalam tampilan politik, seorang bule di U.S.A. yang profesinya menjadi pemerhati politik mengatakan bahwa proses penetapan pemenang dalam pemilihan presiden di Afrika Selatan memerlukan waktu empat hari, di Amerika Serikat perlu waktu 4 jam, dan di Indonesia bisa diketahui sebelum pemilihan berlangsung. Hal lain, J.W. bisa merubah jangka waktu H.G.U. atas tanah dari 30 tahun menjadi 60 tahun, bahkan kemudian dirubah lagi menjadi 90 tahun. Bahkan untuk hal yang sangat spesifik di lokasi seputaran Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur bisa 150 tahun. Hal lain lagi dibidang Usaha Pertambangan, J.W. mengijinkan pengusaha penambangan Nikel untuk mengirimkan 100% hasil penambangannya ke negrinya yaitu China. Dalam bidang Pemerintahan, J.W. mampu memutuskan memberhentikan masa Jabatan hampir 200 Bupati, Walikota, dan Gubernur di seluruh Negri pada tanngal 5 September 2023 y.a.d. untuk kemudian mengadakan pemilihan para Pemimpin Daerah itu secara serentak setelah selesai pelaksanaan Pemilihan Presiden (14 Februari 2024). Hal lain lagi di dalam negri yang menyangkut kebutuhan keseharian Rakyatnya sendiri, J.W. beberapa kali menaikan Tarif JALAN TOLL, HARGA BENSIN, TARIF LISTRIK, dan P.B.B. Tiga hal yang pertama disebut adalah komoditi yang pasti setiap hari digunakan Rakyat banyak, benar benar komoditi yang menjadi pemasukan instan karena merupakan kebutuhan hidup keseharian Rakyat. Masih banyak tampilan busuk dia yang bukan hanya di bidang politik saja tapi juga sosial, budaya, dan ekonomi itu sendiri. Ini semua membuat Indonesia hancur, bukan hanya Politik, tapi juga sosial dan ekonomi.

Baca juga:  Panglima Tertinggi Tidak Turut Berduka Cita

Nampaknya, kesemua tindakan busuk J.W. yang akumulatif menjadi tindak Kebusukan Politik dia sebagai Presiden Republik Indonesia, sudah cukup menjadi alasan bagi dia untuk mengundurkan diri dari jabatannya, atau dia memilih menunggu dijatuhkan oleh rakyatnya sendiri langsung dengan “people power” atau melalui perwakilannya di D.P.R. R.I. dengan satu alasan JOKO WIDODO menghancurkan Indonesia.

Post Idul Adha 2023.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *