Penghargaan ke Bang Ali, Pengamat: Jakarta Jangan Kalah dari Jawa Barat

Menjelang Hari Ulang Tahun Jakarta pada 22 Juni 2023 yang ke 496 sudah saatnya Pemprov DKI menetapkan kebijakan untuk merealisasikan pemberian penghargaan kepada Ali Sadikin.

“Dalam kaitan ini saya sependapat dengan mantan Gubernur DKI Fauzi Bowo yang menyatakan terlalu kecil bila penghargaan kepada Bang Ali Sadikin itu hanya dalam bentuk pemberian nama jalan. Namun karena ini pernah diusulkan Ketua DPRD DKI dua tahun lalu maka hal ini dapat direalisasikan sebagai permulaan Pemda DKI untuk memberi penghargaan kepada Bang Ali. Dalam kaitan ini saya berharap Pemda DKI jangan kalah dari Pemda Jawa Barat,” ungkap Pengamat Kebijakan Publik Amir Hamzah, Kamis (8/6/2023).

Sebagai warga DKI pada saat muda juga dibina Bang Ali, aku Amir, menjelang hari ulang tahun ibukota ini perlu menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat tentang dua hal.

Pertama, Gubernur Jabar Ridwan Kamil sudah menetapkan kebijakan untuk mengabadikan nama Ali Sadikin pada sebuah jalan tol yang melintas di Jawa Barat. Usulan ini masih membutuhkan persetujuan beberapa bupati yang wilayahnya dilewati jalan tol dimaksud.

Kedua, Pemda Jawa Barat sudah menyampaikan usulan kepada pemerintah pusat untuk menganugerahkan Pahlawan Nasional kepada Ali Sadikin. Namun karena pendaftaran untuk tahun ini sudah ditutup pada 30 Maret 2023 maka diharapkan usul ini sudah bisa direalisasikan tahun depan.

“Sekali lagi saya tegaskan, Pemda DKI jangan kalah dari Pemda Jawa Barat,” pinta Amir.

Dalam kaitan itu, Amir mengaku memperoleh informasi bahwa Dinas Sosial (Dinsos) DKI atas perintah Pejabat Gubernur DKI Heru Budi Harsono telah menghubungi ahli waris Ali Sadikin dalam rangka penyusunan data yang akan digunakan untuk memperkuat usulan Pemda Jabar dalam rangka penganugerahan Pahlawan Nasional Ali Sadikin.

“Berkaitan dengan itu, saya harapkan agar untuk memperkuat usaha tersebut Ketua DPRD DKI Jakarta berkenan untuk menegaskan kembali usulnya dua tahun lalu (22 Juni 2021, Paripurna Istimewa HUT DKI Jakarta) untuk mengganti nama Jalan Kebon Sirih menjadi Jalan Ali Sadikin,” pungkas Amir.