Masuk Radar Cawapres Ganjar, AHY Bisa Kena Jebakan Batman

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bisa terkena jebakan batman ketika masuk radar Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

“Masuknya AHY dalam radar PDIP bisa jadi hanya jebakan batman. Bisa saja hal itu hanya mengiming-iming Demokrat, termasuk AHY, untuk mau merapat ke PDIP,” kata pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga kepada redaksi www.suaranasional.com, Kamis (8/6/2023).

Kata Jamiluddin, AHY ditawari menjadi cawapres Ganjar agar Demokrat keluar dari Partai Koalisi Perubahan sehingga Anies gagal menjadi capres.

“Harapannya, Demokrat dapat berpaling dari Koalisi Perubahan. Kalau hal ini terwujud, tentu akan berdampak pada pencapresan Anies Baswedan,” paparnya.

Pernyataan Puan yang menawari AHY cawapres Ganjar, kata Jamiluddin merupakan upaya PDIP memecah koalisi perubahan. “Dengan begitu, upaya penjegalan Anies menjadi capres dapat mereka wujudkan,” tegasnya.

Sebelumnya, Puan Maharani mengatakan, AHY masuk bersama beberapa nama lain seperti Erick Thohir, Mahfud MD, Sandiaga Uno, hingga Airlangga Hartarto untuk mendampingi Ganjar Pranowo.

“Kalau boleh saya sebut yang ada di media, Pak Mahfud sudah masuk namanya, Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, kemudian ada Pak AHY ya, kan?” kata Puan di sela-sela Rakernas PDIP, Jakarta Selatan, Selasa (5/6).

Dia mengatakan nama-nama itu masuk 10 daftar cawapres yang dipertimbangkan partainya. Menurut Puan, mereka memiliki kelebihan dan akan dipertimbangkan sebagai cawapres Ganjar Pranowo.

Partai, kata dia, terutama akan menyeleksi apakah mereka memiliki visi misi yang sama dengan Ganjar dan partainya. Namun, Puan menegaskan keputusan bakal cawapres Ganjar tak akan diputuskan dalam waktu dekat ini atau di Rakernas.