Musyawarah Daerah Muhammadiyah VI dan Aisyiah IV Kota Bogor

Oleh : Drs. Madropi, M. Pd (Ketua PDM Kota Bogor)

Muhammadiyah lahir dan berkembang di Indonesia sejak tahun 1912 M sebelum Indonesia merdeka, didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan dengan melihat kondisi keterbelakangan bangsa Indonesia saat itu dan hasil tafaul renungan dari Q.S. al-Imran ayat 104 Artinya: “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang mengajak kepada kebaikan, memerintahkan kepada yang makruf danmencegah kepada yang munkar. Mereka itulah orang-orang yang beruntung”.

Muhammadiyah berasal dari kata “Muhammad” dan “Yah” Artinya pengikut nabi Muhammad SAW, sebuah organisasi dakwah amar makruf nahi mungkar yang berlandaskan al-Quran dan as-Sunah dengan mengambil contoh keteladanan rasulullah SAW.

Muhammadiyah Kota bogor lahir dari hasil Musyawarah Daerah (Musyda) Kota dan Kabupaten Bogor tahun 1995, mulanya hanya ada satu cabang yaitu Pimpinan Cabang Bogor. Pemekaran terjadi karena kota dan kabupaten secara geografis berbeda terotorial dan berbeda pemerintahan, kota Bogor
pemerintahannya oleh Walikota sedang kabupaten Bogor oleh Bupati.

Dalam perjalanannya saat ini Muhammadiyah Kota Bogor telah memiliki 6 Pimpinan Cabang dan 24 Pimpinan Ranting yang tersebar di setiap kecamatan dan kelurahan, serta memiliki beberapa amal usaha Muhammadiyah, diantaranya: Bidang pendidikan memiliki TK Aisyiyah Bustanul Atfhal (ABA), SD Muhammadiyah, SMP Muhammadiyah, SMA Muhammadiyah, SMK Muhammadiyah dan Universitas bekerjasama dengan Siber Muhammadiyah Yogyakarta. Bidang soasial memiliki Masjid, Gedung Dakwah, Panti Asuhan Putra Darushalihin, Panti Asuhan Putri dan Balita Darushshalihat serta
Rumah Kader Muhammadiyah. Bidang Kesehatan memiliki Klinik Balai Pengobatan Muhammadiyah
(BPM). Seluruh amal usaha yang dilakukan Muhammadiyah tidak lain untuk membantu pemerintahan
dan masyarakat Kota Bogor dalam membangun serta mencerdaskan kehidupan beragama, berbangsa
dan bernegara.

Di usianya yang masih 28 tahun insya Allah akan menggelar Musyda Muhammadiyah VI dan Aisyiah IV Kota Bogor sebagai puncak perhelatan Musyawarah tertinggi di Kota Bogor yang akan digelar pada hari Ahad, 8 Dzulqaidah 1444 H/28 Mei 2023 M di Auditorium Alhambra Andalusia, Komplek Institut Tazkia Islamic Center, Sentul City Bogor, Jalan Ir. H. Juanda No.78 Sentul City Bogor.

Harapan dari Musyda tersebut, kedepannya mudah-mudahan lahir pemimpin-pemimpin “Tri Dimensi Kader Muhammadiyah”, sebagai pemimpin umat, pemimpin Persyarikatan dan pemimpin Bangsa kedepan yang memiliki sifat jujur, amanah, tabligh dan fathonah serta dapat membawa Persyarikatan Muhammadiyah Kota Bogor lebih baik lagi. Keberadaannya lebih dapat dirasakan oleh masyarakat Kota Bogor terutama dalam memajukan Kota Bogor dan mencerahkan Jawa Barat.

Nasrun minnallahi wafathu qariib.