Siapa Cawapres Anies Paling Cocok?

Oleh : Sholihin MS (Pemerhati Sosial dan Politik)

Koalisi Perubahan sangat solid, walaupun belum memutuskan Cawapres untuk Anies. Siapapun cawapresnya, Anies akan tetap menang.

Penentuan cawapres bagi Anies harus dilihat dari berbagai sisi, terutama yang mampu memberikan nilai tambah, bukan malah menjadi “sandera” atau bahkan titik lemah bagi (pemerintahan) Anies nanti.

Untuk cawapres Anies, paling tidak memiliki 5 kriteria :

Pertama, Yang mampu bersinergi dengan Anies

Untuk persyaratan ini sepertinya tidak akan sulit, karena Anies adalah sosok yang bisa bekerja dengan siapa saja. Tetapi harus dihindari para pendukung rezim Jokowi, apalagi yang masih terikat dengan kepentingan oligarki taipan.

Kedua, Berpengalaman dalam pemerintahan

Ini untuk memperlancar menjalankan roda pemerintahan. Dengan adanya pengalaman dalam pemerintahan lebih memberikan efektivitas dan efisiensi serta mengetahui liku-liku dalam mengatasi para mafia di pemerintahan.

Ketiga, Sebaiknya yang berlatar belakang militer

Dengan maksud untuk lebih menjaga teritorial negara Indonesia dari ancaman pihak luar yang akan merongrong kedaulatan Negara Republik Indonesia

Keempat, Orang yang akhlak dan moralnya terpuji, jujur, amanah, dan memiliki nasionalisme yang tinggi

Jika cawapresnya berakhlak dan moralnya rusak, tidak mungkin bisa membangun pemerintahan yang bersih. Korupsi , kolusi, dan nepotisme akan metajalela seperti di eta Jokowi.

Untuk syarat yang ini sebaiknya tidak dari pendukung Jokowi karena selama rezim Jokowi di pemerintahan penuh dengan kebohongan dan penipuan. Termasuk juga dihindari cawapres dari pimpinan partai politik pendukung pemerintah.

Kelima, Bisa menguatkan koalisi perubahan

Sangat baik jika beliau memiliki massa yang besar, tapi tetap syarat 1-4 diutamakan. Karena faktor Anies sudah mampu untuk memenangkan kontestasi di Pilpres nanti. Berbagai polling dari lembaga survey kredibel dan independen selalu menempatkan Anies di posisi teratas dengan perolehan suara lebih dari 60%. Pada waktunya nanti Anies bisa meraih suara di atas 70%.

Tentang sosok siapakah yang cocok menjadi cawapres Anies ? Beberapa polling menyebutkan beberapa nama, tapi yang memenuhi kriteria di atas, atau sebagian besar dari kriteria tersebut adalah Jend (Purn). Gatot Nurmantyo. Nama setelah Gatot Nurmantyo adalah:

2. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
3. Khofifah Indah Parawansa
4. Sandiaga Uno
5. Ridwan Kamil

Kita nilai calon-calon tersebut dalam hal :
1. Berintegritas, jujur dan amanah tidak?
2. Apakah Akhlak dan moralnya terpuji dan tidak korup ?
3. Latar belakangnya Sipil atau Militer?
4. Bisakah bersinergi dengan Anies secara penuh?
5. Apakah dia sudah berpengalaman dalam pemerintahan?
6. Apakah dia memiki massa yang banyak untuk membantu kemenangan ?
7. Apakah dia tersandera oligarki taipan atau tidak ?
8. Mampukah dia menjembatani dengan Anggota Legislatif (DPR) yang baru ?

Semoga cawapres Anies bisa menjadi pendorong dan penopang kemajuan negara Repiblik Indonesia.

Bandung, 20 Syawwal 1444