Satkar Ulama dan Dhasatra Mengelar Ramadhan Berkah di Bulan Suci Ramadhan 1444 H

Jakarta-Pada saat Ramadhan umat Islam diwajibkan untuk berpuasa pada siang hari. Selain puasa, mereka dianjurkan untuk banyak berbuat kebaikan, terutama berbagi di bulan Ramadhan yang mulia. Sebagai bulan suci bagi umat Muslim, karena di bulan Ramadan ini setiap amal dan perbuatan yang sesuai dengan tuntunan Rasul akan digandakan nilai pahalanya. Hal itulah yang kemudian mendorong dan melatarbelakangi Dewan Pengurus Daerah Satkar Ulama Indonesia Kota Adm Jakarta Barat, menggelar kegiatan Buka Puasa Bersama dan berbagi kasih kepada masyarakat yang membutuhkannya, demikian disampaikan oleh H Mohammad Rudyanto Dharmawan Ketua Satkar Ulama Jakarta Barat kepada wartawan, Kamis 20/4/2023 kemaren di Jakarta.

“Ya, ini merupakan suatu kegiatan rutin yang dilakukan tidak hanya di bulan Ramadhan, karena tujuannya adalah ibadah, maka setiap saat bisa kami lakukan, tapi karena bulan Ramadhan, maka kualitas acara ibadahnya diperbanyak maupun kuantitas sasaran pesertanya pun lebih ditingkatkan jumlahnya,” ungkap H Mohammad Rudyanto Dharmawan.

Baca juga:  Jangan Ketinggalan, Naik MRT Cuma Bayar Setengah Harga Selama Sebulan

Menurut H Mohammad Rudyanto Dharmawan, dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Satkar ulama Indonesia Kota Adm Jakarta Barat, tentunya membawa pesan edukatif spiritualitas, bahwa berbicara mengenai ibadah, dalam Islam definisi mengenai ibadah tidak terbatas pada urusan hubungan manusia dengan sang pencipta saja atau yang dikenal sebagai hablumminallah. Setiap ibadah yang diperintahkan oleh Allah bertujuan untuk meningkatkan hubungan vertikal dan horizontal secara berkesinambungan. Untuk itu ada pula hablumminannas yakni ibadah dalam bentuk kepedulian terhadap sesama manusia dalam menjaga hubungan kita sebagai makhluk sosial dan makhluk yang saling membutuhkan antara satu sama lainnya. Bentuk ibadah ini tidak boleh pula dilupakan begitu saja dan harus terus ditingkatkan selama bulan Ramadhan.

“Karena itulah di kegiatan ini, selain ada kegiatan ceramah dan berbuka puasa bersama, kami juga melakukan santunan kepada beberapa anak yatim piatu dan membagikan beberapa paket sembako ke warga.”tukas H Mohammad Rudyanto Dharmawan atau karab biasa dipanggil dengan sebutan bang Moo.

Baca juga:  Mantan Finalis Puteri Indonesia jadi Moderator Debat 2 Pilgub DKI 2017

Lebih lanjut bang Moo mengatakan bahwa Artinya dalam melakukan berbagai agenda kegiatan, selalu berkomitmen dalam hal kepedulian sosial terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar, karena itulah
Untuk santunan kepada anak yatim piatu dan paket sembako yang dibagikan dengan harapan bisa membantu mereka dalam merayakan hari raya IdulFitri 1444 Hijriah.

“Ya, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi mereka yang membutuhkannya untuk mempersiapkan diri menyambut hadirnya hari Raya Idul Fitri 1444H, inilah salah satu bentuk konkrit Berbagi kasih di Bulan Suci Ramadhan 1444H, terima kasih,” pungkas Bang Moo.