Survei Indikator Politik: Kepercayaan Publik ke Mahfud MD Sangat Tinggi

Menkopolhukam Mahfud MD mendapat kepercayaan yang sangat tinggi dari masyarakat ketika membongkar dugaan pencucian uang di Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Di antara yang tahu dan mengikuti berita tentang RDP antara Menko Polhukam dengan DPR, mayoritas lebih percaya dengan apa yang disampaikan oleh Mahfud MD. Angkanya mencapai 77,6 persen,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi saat memaparkan hasil survei bertajuk “Isu-Isu Mutakhir dan Dinamika Elektoral Pasca-Batalnya Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20” secara virtual, Rabu (19/4).

Baca juga:  Iwan Fals dan Slank Jadi Pendulang Suara Jokowi di Pilpres 2019

Kata Burhanuddin, mayoritas masyarakat yang mengetahui memberikan apresiasi terhadap upaya Mahfud MD dalam membongkar pencucian uang di Kemenkeu.

“Sekitar 37,7 persen masyarakat tahu tentang aliran dana tidak wajar lebih dari Rp 300 triliun di Kemenkeu. Di antara yang tahu, mayoritas percaya (73,8 persen), dan mayoritas tidak setuju dengan pandangan bahwa informasi tersebut sebaiknya tidak disampaikan kepada publik (61 persen),” ucap

Adapun survei dilakukan dalam rentang 8-13 April 2023 ini memiliki sampel 1.212 responden yang dihubungi melalui sambungan telepon. Menurut Burhanuddin, tingkat kepercayaan survei mencapai 95 persen.

Baca juga:  Mantan Anggota DPR Nilai Rezim Jokowi Serahkan Solusi Bangsa ke Tangan AS & China

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.