Anies-Mahfud akan Memenangkan Pilpres 2024?

Pasangan Anies Baswedan-Mahfud MD belum bisa memenangkan pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Saat ini elektabilitas Mahfud MD masih di bawah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Koalisi Perubahan memasukkan Mahfud MD sebagai salah satu cawapres untuk mendampingi Anies Baswedan. Kalau merujuk pada kriteria Jusuf Kalla, maka Mahfud belum masuk untuk menjadi cawapres Anies,” kata Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga kepada redaksi www.suaranasional.com, Selasa (18/4/2024).

Kata Jamiluddin, elektsbilitas Mahfud hingga saat ini sangat rendah. Elektabilitasnya masih jauh bila dibandingkan AHY.

Baca juga:  PPJNA 98: Diduga Hina Presiden Jokowi, Tangkap HRS!

“Karena itu, elektabilitas Anies tidak akan terdongkrak bila didampingi Mahfud. Hal itu akan membuat peluang Anies menang menjadi kecil,” jelasnya.

Jamiluddin mengatakan, sosok pendamping Anies harus dapat bekerja sama. Dilihat dari kapasitasnya, memang Mahfud sangat mumpuni di bidangnya. Hal yang sama juga ada pada diri Anies.

Hanya saja bila dua sosok yang punya kapasitas sama, kemungkinan bisa bekerja sama relatif kecil. Sebab, masing-masing sosok akan menonjolkan egonya. Hal ini akan menyulitkan untuk mencapai titik kesepakatan.

“Jadi, ada peluang Anies dan Mahfud akan sulit untuk bekerjasama dalam kesetaraan. Dua sosok ini mungkin baik untuk berdiskusi, tapi akan sulit untuk mencapai kesepakatan dalam pengambilan keputusan atau kebijakan,” tegas Jamiluddin.

Baca juga:  Rendahkan Satpam, Pemuda Kebangsaan Indonesia: Mulut Cak Nun seperti Cewek

Kata Jamiluddin, AHY masih sosok yang paling layak mendampingi Anies.

“Karena itu, Koalisi Perubahan lebih baik fokus meningkatkan elektabilitas Anies dan AHY daripada menjodohkan Anies dengan sosok lain yang belum jelas. Fokus itu diperlukan agar disisa waktu ini, Koalisi Perubahan sudah dapat secara sistematis dan intensif mensosialisasikan pasangan capresnya,” pungkasnya.