Masuk Survei Capres Versi LSI, Gibran: Ngak Mikir

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak berfikir menjadi calon presiden (capres) 2024. Gibran lebih fokus mengurusi Solo.

“(Efek piala dunia) Nggak tahu. Nggak mau mikir itu. Di Solo saja,” kata Gibran kepada wartawan, Senin (10/4/2023)

Disinggung posisi namanya yang berada di atas Erick Thohir, Gibran mengaku santai karena menurutnya itu hanya survei. Dirinya juga belum mempunyai rencana ke depan terkait karier politiknya.

“Halah santai saja, cuman survei. (Rencana ke depan) nggak-nggak belum, saya tidak visioner. (2029 mungkin nyapres) Nggak. Di Solo dulu,” tuturnya.

Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan nama Gibran meraih 2,7 persen. Diperingkat pertama ada nama Ganjar Pranowo dengan skor 19,8 persen. Disusul nama Prabowo Subianto 19,3 persen, Anies Baswedan 18,4 persen, Ridwan Kamil 5,8 persen dan Sandiaga Salahudin Uno 2,9 persen.

Sedangkan di bawah nama Gibran ada nama Mahfud MD dengan skor 2,3 persen, Erick Thohir 2,1 persen, Agus Harimurti Yudhonoyo 2,0 persen dan Puan Maharani 1,4 persen.

Survei ini dilakukan terhadap responden berusia 17 tahun ke atas. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD) ke 1.229 responden.

Wawancara dilakukan melalui sambungan telepon dengan margin of error survei diperkirakan ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling.