Anies Baswedan Berpotensi Menang, Guru Besar Universitas Andalas Sebut Jokowi Membentuk Koalisi Besar

Koalisi Besar yang mendapat dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadapi Anies Baswedan. Pembentukan Koalisi Besar sebagai jawaban potensi menang dari Anies Baswedan.

“Saya pikir itu bagian dari hitung-hitungan koalisi ini ya, kalau mereka jalan sendiri-sendiri maka yang dihadapi orang yang berpotensi menang,” kata Guru Besar Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat Prof Asrinaldi beberapa waktu yang lalu.

Asrinaldi menjelaskan, baik Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Golkar, PAN dan PPP maupun Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang diisi Partai Gerindra dan PKB akan kesulitan apabila bersaing dengan Koalisi Perubahan dan Anies Baswedan jika mereka tak menyatukan kekuatan.

Baca juga:  Sebut 1 Juta Orang Hadiri Paslon Amin di Makassar, Loyalis AHY: Anies Ngibul

“Jadi saya pikir itu rasional saja. Dengan cara seperti itu mereka bisa memperkuat dukungan masyarakat dan menyatukannya ke dalam kepentingan yang sama,” ujarnya.

Jika hal tersebut terwujud, dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unand tersebut memperkirakan kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 akan semakin sengit.

Ia menyakini sebelum wacana pembentukan koalisi besar tersebut mencuat ke publik, masing-masing partai politik sudah mempunyai klkulasi masing-masing. Menurut dia, jika nama-nama besar seperti Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan maju, maka sangat terbuka kemungkinan Pilpres 2024 berlangsung dalam dua putaran.

Baca juga:  Ngeri, Kader Yayasan Pendidikan Soekarno Bongkar Operasi Politik Penjegalan Anies

Pembentukan koalisi besar, menurut dia, merupakan upaya agar Pilpres 2024 digelar satu putaran saja.

“Sekarang dengan cara seperti itu (koalisi besar) mereka menyatukan di awal dan bisa memenangkan satu putaran,” ungkapnya.