Soal Israel, Presiden Minta tak Kaitkan Olahraga dengan Politik, Dokter Eva: Jokowi Harus Baca Pembukaan UUD 45

Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus membaca pembukaan UUD 45 atas pernyataannya yang meminta tidak mengaitkan olah raga dengan politik dalam persoalan Israel.

“Mohon dibaca Ulang Pak ūüôŹūüŹĽ Selagi olahraga nya ada sangkutannya dg ‚Äú Indonesia‚ÄĚ harus patuhi ini Pak,” kata dokter Eva Chaniago di akun Twitter-nya @DrEvaChaniago, Rabu (29/3/2022).

Dokter Eva mengatakan seperti itu menanggapi berita dari CNN Indonesia berjudul “Jokowi soal Israel: Jangan Campur Adukkan Olahraga dengan Politik”

Presiden Jokowi akhirnya buka suara langsung menanggapi polemik timnas Israel U-20 di putaran final Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Baca juga:  Dosen FAI UMY Usulkan Al Aqsha Diserahkan ke Komunitas Yahudi

Jokowi menegaskan itu tak akan mengganggu konsistensi Indonesia dalam bersikap terkait Palestina-Israel.

“Ini prinsip negara kita, Indonesia yang selalu konsisten mendukung kemerdekaan bangsa Palestina. Dan mendukung penyelesaian two state¬† solution, negara Israel¬† dan negara Palestina merdeka. Ini sesuai dengan konstitusi, menolak penjajahan dalam bentuk apapun,” kata Jokowi¬†dalam pernyataannya yang disampaikan secara daring via akun Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (28/3) malam.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *